VUJIF September, Kerinduan Para Lulusan
Rabu, 9 September 2020 | 14:59 WIB

Hari Rabo ini, tanggal 9 September 2020, Virtual Unika Job & Internship Fair atau disebut dengan VUJIF kedua telah berjalan selama 3 hari. VUJIF kedua merupakan jembatan bagi wisudawan Unika bulan September ini dan juga bagi lulusan atau jobseeker dari perguruan tinggi lain atau SMK sekitar.

Menurut ibu Yuliana, Kepala SSCC / UPT Pusat Karir, VUJIF ini memang banyak diminati oleh alumni Unika, yaitu sekitar 450-an mahasiswa/alumni Unika. Terdapat 9% pengunjung yang berasal dari luarkota, menurut kuesioner yang diisi oleh para pengunjung. Pergerakan jumlah pengunjung pada hari pertama (Senin lalu) sangat tinggi, bahkan mencapai 400, lalu menurun di hari kedua demikian juga di hari ketiga. Saat berita ini diturunkan, telah ada 590 pengunjung aplikasi jobfair.unika.ac.id yang dapat diidentifikasikan sekitar 90% lebih berasal dari Semarang, sedangkan selebihnya adalah dari luarkota.

“Harapan kami, VUJIF ini merupakan obat kerinduan dari para alumni Unika yang diwisuda bulan Juni lalu dan juga yang akan diwisuda minggu depan,” demikian yang disampaikan oleh ibu Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., MSc., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Lanjutnya, kami juga berharap para jobseeker lainnya juga mendapatkan manfaat dari VUJIF ini. Terimakasih kepada para perusahaan mitra yang telah bergabung dan membuka kesempatan bagi para jobseeker untuk dapat direkrut, meskipun masa pandemi belum berakhir.

Adapun perusahaan yang bergabung melalui kerjasama kali ini adalah : KAP Pho dan rekan (IPM Consultan), Anugrah Group, PT Konimex, PT Rifan Financindo, Artaboga Cemerlang, Wings Surya, PT Riau Andalan Pulp & Paper yang tergabung di APRIL Group, PT Victory Internasional Futures dan PT Duniatex. Mereka melakukan kontrak kerjasama dengan Unika, dimana VUJIF ini adalah salah satu fasilitasnya.

Bentuk lain dari kerjasama perusahaan mitra adalah SSCC menutup sementara info lowongan kerja oleh perusahaan non kerjasama melalui medsos Unika (website, instagram dan facebook) untuk 3 minggu berlangsung. “Info Lowongan Kerja di medsos akan kami mulai lagi pada tanggal 21 September yang akan datang. Hal ini merupakan keistimewaan yang kami berikan kepada para perusahaan mitra, agar mereka mendapatkan waktu dan peluang terbaik selama even”, jelas bu Yuli.

Selama kurang lebih hampir dua minggu ini pihak penyelenggara VUJIF yang tergabung di SSCC, selalu mempublikasikan kegiatan VUJIF ini melalui medsos dan media radio. IG Story akun SSCCunikasoegijapranata, status IG – FB maupun akun pribadi dari pelaksana disebarluaskan oleh mahasiswa, bahkan oleh perusahaan mitra sendiri. Hal ini untuk menarik perhatian jobseeker.

Virtual Unika Job Fair seperti ini akan kembali digelar pada bulan Desember mendatang, dengan harapan akan lebih banyak perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Unika dan membuka rekrutmen. (yl-sscc)

Kategori: ,