VIRTUAL CONCERT FANTASTIC 5.0 : “TRANSCENDENTAL”
Rabu, 30 September 2020 | 8:52 WIB

image

Melaksanakan konser di tengah pandemi covid-19 merupakan hal yang sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Namun hal ini menjadi tantangan baru bagi panitia Faculty of Agricultural Technology Art and Culinary Festival (FANTASTIC) untuk tetap melaksanakan acaranya. Dengan usaha dan kerja keras, panitia berhasil mengadakan virtual concert dengan tema “Transcendental”.

FANTASTIC 5.0 merupakan program kerja dari Departemen Seni Budaya BEMF-TP 2019/2020 yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap kesenian terutama dalam bidang musik dan juga menjadi wahana serta sarana bagi teman-teman mahasiswa FTP UNIKA Soegijapranata untuk menyalurkan dan mengapresiasikan talenta mereka terutama dalam bidang kesenian.

Virtual Consert FANTASTIC 5.0 dilaksanakan dengan menggunakan platform Loket Live dan GoPlay pada hari Sabtu, 26 September 2020. Panitia berhasil menjual lebih dari 300 tiket untuk konser virtual ini.

Tentunya banyak kendala yang dihadapi untuk mempersiapkan konser virtual ini. Konsep konser virtual yang tergolong baru juga menjadi kendala tersendiri bagi panitia dalam mempersiapkan acara. Dimana panitia harus belajar dari awal sekaligus mempersiapkan acara yang sesuai dengan tujuan yang telah ada.

“Adanya pandemi covid-19 ini memaksa FANTASTIC 5.0 sendiri untuk mengubah konsep yang semula merupakan konser offline dengan bazaar makanan menjadi konser virtual yang notabene masih asing khususnya bagi masyarakat Semarang. Kondisi pandemi juga menyebabkan kegiatan pencarian dana serta sponsorship menjadi terhambat,” ungkap Advent.

Selain mengadakan Virtual Concert, panitia FANTASTIC 5.0 juga mengadakan singing, band, dan Tiktok competition yang dibuka untuk umum. Lomba ini dilaksanakan beberapa bulan sebelum pelaksanaan konser virtual.

image

Many West

 

image

GGS (Ganteng-Ganteng Saxophone)

Virtual concert FANTASTIC 5.0 ini terbagi menjadi 8 segmen. Segmen pertama dimulai dengan opening dan greetings kemudian dilanjutkan dengan segmen kedua yang diisi dengan sambutan oleh Dr. R. Probo Y. Nugrahedi STP MSc selaku Dekan FTP dan sambutan oleh Bapak Hendrar Prihadi, S.E., M.M. selaku Walikota Semarang.

Pada segmen ketiga dan keempat, diisi dengan penampilan dua guest star yaitu Many West dan GGS serta pengumuman untuk pemenang singing competition. Selain itu, pada segmen kelima ada sesi QnA untuk Many West dan GSS.

Segmen keenam diisi dengan video profil unika, penampilan dari UKM TP dance, dan pengumuman pemenang band competition. Tak lupa ada kesan dan pesan dari Many West serta GGS pada segmen ketujuh.

image

UKM TP Dance

Pada penghujung acara atau segmen terakhir, Virtual Consert FANTASTIC 5.0 ditutup dengan penampilan dari HINDIA yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak penonton. HINDIA membawakan 7 lagu dan juga ada sesi QnA. Virtual concert FANTASTIC 5.0 ini berakhir pukul 21.30 WIB pada hari tersebut.

Paulus Advent, selaku ketua dari FANTASTIC 5.0 juga mengungkapkan besar harapannya untuk virtual konser ini menjadi semakin baik kedepannya dengan persiapan yang lebih matang, terkonsep, serta terstruktur dan tentunya semoga masyarakat semarang semakin mengenal Acara FANTASTIC sendiri serta FTP Unika Soegijapranata.

image

HINDIA

“Semoga FANTASTIC dapat semakin menjalankan perannya menjadi wadah bagi mahasiswa FTP untuk unjuk gigi pada masyarakat luas dan tentunya acara ini akan terus berjalan, berkembang, semakin mampu bertahan serta beradapatasi dalam situasi dan kendala apapun,” pesan Advent untuk acara FANTASTIC kedepannya.(ftp)

Kategori: ,