Unika Terima Kunjungan Polteka Mangunwijaya Secara Daring
Kamis, 24 September 2020 | 13:34 WIB

Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC selaku Rektor Unika Soegijapranata (tengah) saat menerima kunjungan secara virtual oleh Direktur Polteka Mangunwijaya Dr Materius Kristiyanto

Sebagai wujud pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka pada hari Kamis (24/9) Unika Soegijapranata telah menerima kunjungan yang dilakukan secara daring oleh Politeknik Katolik (Polteka) Mangunwijaya yang dihadiri oleh Direktur Polteka Mangunwijaya Dr Materius Kristiyanto beserta jajarannya, dan diterima melalui ruang virtual Unika oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC, beserta Wakil Rektor I Bidang Akademik Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD, didampingi Kepala Perpustakaan Rikarda Ratih Saptaastuti SSos, dan Kepala Manajemen Sistem Informasi (MSI) Unika AP Rezky Trenggono ST.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor I Unika Cecilia Titiek Murniati PhD menyampaikan maksud dilaksanakannya kunjungan studi banding yang dilakukan oleh Polteka Mangunwijaya ke Unika Soegijapranata.

“Maksud kunjungan studi banding yang dilakukan oleh Polteka Mangunwijaya secara daring ke Unika Soegijapranata antara lain adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang pembelajaran daring dan juga terkait dengan sistem manajemen informasi akademik di Unika,” papar Cecilia.

Dan melalui kunjungan ini, pihak Polteka Mangunwijaya ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh Unika Soegijapranata, apa saja persiapannya, tantangannya apa dan bagaimana sistemnya, lanjutnya.

Namun demikian, Polteka Mangunwijaya termasuk perguruan tinggi vokasi, maka selain kegiatan pembelajaran daring tentu juga menyelenggarakan kegiatan praktikum sesuai dengan bidang keilmuannya.

Demikian pula di Unika Soegijapranata ada bidang ilmu yang pembelajarannya menggunakan laboratorium secara langsung atau offline, tentu dalam hal ini harus diberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan untuk penggunaan laboratorium komputer, bisa dilakukan dengan menggunakan remote atau aplikasi AnyDesk, sehingga kegiatan belajar tetap bisa dilakukan secara daring walau harus dioperasionalkan atau diremote dari rumah oleh para mahasiswa yang menggunakan fasilitas laboratorium tersebut.

Sedangkan Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti SSos sebagai salah satu tim pelatihan pembelajaran daring di Unika Soegijapranata ketika diwawancara usai acara, Ratih sempat menambahkan bahwa pada dasarnya dalam kunjungan tadi kita sempat sharing tentang aktifitas pembelajaran daring di Unika Soegijapranata.

“Memang yang sudah dilakukan oleh Unika Soegijapranata adalah kolaborasi antara perpustakaan dengan MSI, dan dengan LP3 Unika, dan hasilnya ternyata sangat mensupport para dosen dalam pengoperasionalan pembelajaran daring dengan menggunakan cyber dalam hal ini platformnya adalah moodle,” jelas Ratih.

Kebetulan Polteka Mangunwijaya juga menggunakan platform yang sama, hanya saja karena dalam tahapannya memang saat ini Polteka masih di awal, mungkin masih banyak kendala dalam pemanfaatannya selain kendala yang berkaitan dengan server, imbuhnya.

Maka kami ingin berkontribusi untuk membantu, terlebih kami sudah mendapat arahan juga dari Rektor dan Wakil Rektor I Unika, untuk bisa support aktifitas pembelajaran daring di Polteka Mangunwijaya, setidaknya kami bisa memberi pendampingan kepada para dosen di sana tentang penggunaan berbagai aktifitas dan resources di moodle, ucapnya.

“Harapan saya para dosen di Polteka dapat lebih maksimal lagi dalam menjalankan aktifitas dalam pembelajaran daring. Harapannya juga, para dosen bisa lebih enjoy dan bisa mengimplementasikan pembelajaran daring dengan berbagai aktifitas yang  bisa disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa,” tandasnya. (FAS)

Kategori: ,