Tracer Study 2020: Bagi Alumni Unika Lulusan 2018 by SSCC
Selasa, 1 September 2020 | 12:09 WIB

Pada tahun ini, SSCC atau Pusat Karir Mahasiswa dan Alumni Unika Soegijapranata kembali melakukan tracer study alumni lulusan 2018. Penelusuran alumni ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun untuk dapat mengetahui banyak hal tentang alumni.

Kepemeringkatan dari Dikti juga berdasarkan tracer study ini,  yaitu untuk mendapatkan angka outcome. Dari tracer study ini akan didapatkan signifikannya latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang digeluti oleh alumni, angka lama tunggu alumni dalam memperoleh pekerjaan serta kompetensi alumni pada berbagai hal dan juga info-info lain. Hasil tracer ini sangat berperan dalam pengembangan kurikulum program study, dan juga sangat dibutuhkan pada pengisian borang akreditasi.

Sesuai dengan aturan dari Dikti, responden yang masuk ke dalam aplikasi tracer study Dikti adalah alumni yang lulus pada TS-2 (tahun sekarang dikurangi 2) yaitu tahun 2018. Dengan adanya pelacakan alumni ini, diharapkan para lulusan Unika Soegijapranata yang diwisuda tahun 2018 dapat berperan aktif untuk mengisinya. Tidak banyak waktu yang tersita oleh adanya tracer ini, hanya sekitar 8 – 10 menit.

“Menyisihkan waktu 8 menit untuk waktu 2 tahun yang telah dilalui setelah wisuda, bukanlah hal yang berat”, begitu ungkap ibu Yuliana, sebagai pengelola tracer study ini. Untuk tahun 2020 ini, kembali SSCC atau UPT Pusat Karir yang melakukan tugas penelurusan alumni, seperti halnya 2 tahun yang lalu. Tahun 2019 yang lalu, SSCC hanya dapat menelusur sekitar 33.18% dari jumlah lulusan tahun 2017. “Harapannya, tahun 2020 ini kami mendapatkan responden lebih tinggi dari 33.18% tersebut, minimal 40%,” tandasnya.

Link tracer akan ditutup tanggal 30 November 2020, agar data akan dapat terolah dengan baik dan di-upload ke laman dikti sebelum tahun 2020 berakhir. Bagi para alumni Unika Soegijapranata 2018, mari bersama kita berperan dalam tracer ini demi keberlangsungan program studi para alumni, dan juga untuk kemajuan Universitas Katolik Soegijapranata. (sscc)

Kategori: ,