Tetap Fokus dan Positif
Senin, 21 September 2020 | 9:38 WIB

Hakuna Matata” adalah motto yang dipegang teguh oleh So Alda Angelica Husodo, salah satu wisudawan terbaik periode III tahun 2020 dari progdi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata Semarang. Perempuan yang akrab dipanggil Alda ini berhasil lulus dengan IPK 3,66 dan menyandang predikat Cum Laude.

Hakuna Matata itu artinya tiada khawatir, meski terlihat mustahil bagi seseorang untuk bisa terbebas dari kekhawatiran, tapi Hakuna Matata ini berperan sebagai pengingat saya untuk mengendalikan pikiran, agar tetap fokus dan positif,” ujar perempuan kelahiran Semarang, 7 April 1998 ini.

Dalam menjalani studi S1 di Unika, putri dari pasangan Bapak Sugiarto Husodo (alm) dan Ibu Partina ini sempat mengalami kebimbangan dalam perjalanannya, namun karena dukungan dari keluarga dan para sahabatnya, ia berhasil melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah dengan baik.

Mengenai skripsinya, alumnus dari SMA Karangturi Semarang ini mengambil judul “Perancangan Buku Interaktif Pengenalan Fauna di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara untuk Anak Usia 7-10 Tahun”

“Saya mengambil tema skripsi ini karena saya ingin membuat suatu hal yang bermanfaat, jadi tidak semata-mata untuk kelulusan saja, tetapi dapat bermakna juga untuk anak-anak bangsa,”

“Tema yang saya angkat ini berasal dari pernyataan resmi Bapak Presiden Joko Widodo mengenai pemindahan Ibukota Pemerintahan Indonesia yang baru di Kalimantan Timur. Walaupun di tahun 2020 belum terealisasikan pemindahan tersebut, masyarakat khususnya generasi penerus yakni anak-anak, wajib mengenal daerah mereka yang terpilih menjadi calon ibukota negara di masa mendatang, agar tidak mudah termakan isu ataupun hoaks, serta mampu mencintai tanah air melalui keindahan yang ada,” terangnya.

Dalam menjalani proses skripsi, Alda juga sering dihadapkan dengan berbagai penolakan sehingga ia harus sidang ulang disaat 85% peserta lainnya telah dinyatakan lulus. Selain itu, ia juga harus mengalami berbagai macam revisi dalam pengerjaannya.

Setelah kelulusannya nanti, Alda berharap agar dirinya mampu melanjutkan proyek tugas akhirnya sampai ke tahap yang lebih optimal, selain itu ia juga berharap dapat memberikan yang terbaik melalui apa yang telah dapatkan selama ini.

“Untuk para mahasiswa Unika, walaupun masa depan terlihat tidak jelas, hanya kalian saja yang bisa memperjelasnya dengan yakin dan gas saja. Coba gunakan pikiran kalian dengan positif,” pesannya. (CBL)

Kategori: ,