Re-organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian 2020/2021 (6 – 17 Septermber 2020)
Senin, 21 September 2020 | 8:52 WIB

Rangkaian acara Re-Organisasi BEMF-TP dimulai dengan adanya kegiatan Technical Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2020, acara ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pembekalan sekaligus pengarahan mengenai tata cara termasuk timeline, syarat, ketentuan, dan jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan selama rangkaian acara Re-organisasi BEMF-TP. Techincal Meeting ini juga sekaligus digunakan untuk melakukan pengundian secara acak terkait nomor urut dari kedua pasangan calon Ketua dan Wakil ketua BEMF-TP 2020/2021. Setelah acara Technical Meeting dilakukan lalu dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya yaitu Masa Kampanye yang berjalan selama kurang lebih 10 hari yaitu sejak tanggal 6 hingga 15 September 2020, selama masa kampanye online ini kedua paslon terus mencari dukungan dengan tentunya melalui metode persaingan yang sehat dengan cara membuat video yang berisi yel – yel dari para pendukung masing – masing paslon. Setelah masa kampanye usai kemudian kegiatan dilanjutkan sesuai dengan timeline yaitu mulai memasuki rangkaian acara Debat Orasi.

Acara Debat Orasi ini memang diselenggarakan pada tanggal 15 September 2020 dan bertujuan untuk memberikan kesempatan interaksi berupa tanya jawab mengenai berbagai hal terkait dengan visi misi, motivasi, dan harapan untuk masa mendatang yang dilakukan antara kedua pasangan calon Ketua dan Wakil BEMF-TP 2020/2021 dengan Ketua dan Wakil BEMF-TP 2019/2020, Ketua Senat Mahasiswa FTP 2019/2020, Seluruh anggota ORMAWA FTP, dan seluruh mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Pertanian. Acara Debat Orasi ini di selenggarakan melalui 2 media platform yaitu Google Meet, Youtube Live, dan Instagram Live. Pada kegiatan ini pertanyaan yang ditujukan untuk kedua pasangan calon dapat ditulis melalui kolom komentar dari Youtube, Instagram, dan Tatap muka virtual lewat Google Meet, pertanyaan yang berasal dari Instagram dan Youtube juga kemudian akan ikut di sampaikan melalui Google Meet oleh panitia acara kegiatan dan dibacakan oleh moderator saat sesi QnA pada Google Meet. Setelah kegiatan Debat Orasi maka kemudian 1 hari berikutnya yaitu tanggal 16 September 2020 dilanjutkan dengan adanya masa tenang dimana mulai dan saat hari itu para kedua paslon dilarang untuk melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Setelah masa tenang maka esoknya pada tanggal 17 September 2020 dilaksanakan adanya voting dan pengumuman hasil suara kedua pasangan calon serta pengumuman penentuan Ketua dan Wakil BEMF-TP FTP periode 2020/2021. Voting kedua pasangan calon ini dilakukan melalui platform Pemilu Sintak Unika Soegijapranata yang dimulai sejak jam 08.00 hingga 17.00, untuk memeriahkan acara Voting dan Pengumuman Ketua dan Wakil BEMF-TP 2020/2021 maka dari panitia SMF-TP juga mengadakan berberapa jenis lomba yaitu Lomba Pantun dan Lomba menebak jumlah total suara pemilu dari kedua pasangan calon. Lomba ini berhasil ikut dimeriahkan oleh seluruh mahasiswa aktif FTP, dari sekian banyak peserta yang mengikuti kedua lomba ini hanya akan dipilih masing – masing 1 pemenang dari masing – masing kedua jenis lomba. Lomba Pantun berhasil dimenangkan oleh Ruben Giovanno mahasiswa FTP Angkatan 19 sedangkan Lomba menebak suara total hasil Pemilu berhasil dimenangkan oleh Ellena Aprillia mahasiswa FTP Angkatan 17, setiap pemenang akan dikontak oleh panitia SMF-TP melalui Direct Message (DM) Instagram Senat Mahasiswa dan memperoleh hadiah masing – masing Rp. 50.000 yang di transfer menuju saldo OVO pemenang dan bukti transfer OVO kemudian juga di kirimkan oleh panitia Re-or BEMF-TP melalui DM Instagram sebagai konfirmasi kepada para pemenang.

Setelah selesai pengumuman para pemenang lomba maka tibalah pengumuman Ketua dan Wakil BEMF-TP Fakultas Teknologi Pertanian 2020/2021 yaitu Pasangan Calon Nomor Urut 1 Kennard dan Leonny dengan total perolehan suara sebanyak 248 suara sedangkan Pasangan calon nomor urut 2 yaitu Gillbert dan Valerina sebanyak 242 suara dari total keseluruhan 490 suara yang diperoleh melalui Voting di Sintak Unika. Setelah adanya penguman perolehan hasil masing – masing pasangan calon, Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP periode 2020/2021 memberikan sedikit kalimat pidato pendek mengenai harapan dan visi misi masa depan untuk Fakultas Teknologi Pertanian dan dilanjutkan sesi foto bersama seluruh panitia SMF-TP dan para Ketua, Wakil, serta seluruh anggota BEMF-TP periode 2019/2020. Setelah acara usai masing – masing dari Pasangan Calon memperoleh penggantian dana kuota sebesar Rp. 30.000 yang dikirimkan melalui berberapa panitia dari Senat Mahasiswa FTP ke nomor masing – masing pasangan calon sebagai pulsa dan bukti transfer tersebut kemudian juga dikirmkan oleh berberapa panitia Senat Mahasiswa FTP melalui DM Instagram, Line, dan juga Whats App (WA) sebagai konfirmasi penggantian dana. (bem-ftp)

clip_image002clip_image004

clip_image006clip_image008

clip_image010

clip_image012

clip_image014

Kategori: ,