Padukan Tekologi FT dan AR, Unika Segera Gelar Virtual Celebration
Kamis, 17 September 2020 | 8:31 WIB

image

Masa pandemi covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. Ternyata membawa dampak bagi semua sektor kehidupan manusia termasuk sektor pendidikan tinggi.

Unika Soegijapranata sebagai  salah satu perguruan tinggi swasta di kota Semarang, juga termasuk di dalamnya untuk bertahan dan berinovasi serta senantiasa memaksimalkan karya atau sumbangsihnya pada masyarakat maupun negara melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi, yang beberapa waktu lalu telah terpilih sebagai PTS terbaik se-Jawa Tengah versi Kemendikbud tahun 2020.

“Dalam rangka mewujudkan karya nyata menyejahterakan masyarakat dan bangsa, maka 19 September 2020 mendatang, Unika Soegijapranata akan menyelenggarakan Virtual Graduation Celebration 2020 atau wisuda melalui ruang virtual yang akan ditayangkan pula di laman you tube” ujar Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya MSIEC saat jumpa pers virtual, Selasa (15/9/2020). Jumpa pers selain diikuti Rektor, juga diikuti Kepala Badan Administrasi Akademik (BAA) yang juga ketua panitia B Lenny Setyowati SS MIKom, Humas Unika Yuwono Agus serta para wartawan mitra Unika.

Berbeda dengan Graduation Celebration periode sebelumnya yang menggunakan Fast Tracking (FT) Animation Technology, untuk wisuda periode III tahun 2020 mendatang ini, Unika Soegijapranata menambahkan inovasi digitalnya dengan tidak hanya menggunakan FT tetapi juga AR atau Augmented Reality sehingga suasana wisuda menjadi semakin mendekati nyata, walaupun dilakukan secara virtual atau digital technology.

“Dengan penggunaan FT dan AR bersamaan untuk mendukung pelaksanaan wisuda virtual, maka Unika Soegijapranata pertama kali di Indonesia yang mengadakan wisuda dan menggunakan teknologi Augmented Reality untuk pelaksanaan wisudanya.

Menurut Prof Ridwan Sanjaya, Unika Soegijapranata telah mempersiapkan sistem pendidikan secara daring sejak tahun 2009 dan terus dikembangkan lagi mulai 2014 melalui Learning Management System (LMS) dengan laman cyber.unika.ac.id” ujar Rektor.

Dan pengembangan teknologi yang berbasis digital juga turut pula mewarnai proses pembelajaran di Unika Soegijapranata, dengan tujuan memberikan karya yang terbaik bagi para mahasiswa dan setiap pihak yang terhubung dengan Unika Soegijapranata. Sehingga meskipun ruang dan gerak dibatasi akibat pandemi covid-19, tetapi jalinan komunikasi dan kerjasama serta silaturahmi tidak terputus, malah semakin erat dengan penggunaan teknologi yang selalu dikembangkan oleh Unika Soegijapranata.

Rektor berharap masa pandemi covid -19 bisa segera berakhir dan bisa kembali beraktifitas secara normal, meskipun teknologi jaringan tetap selalu menjadi ilmu yang berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan berdaya guna untuk kemaslahatan manusia.

https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/padukan-tekologi-ft-dan-ar-unika-segera-gelar-virtual-celebration/

Kategori: