KOMPAK FTP 2020 Kemas Berbagai Macam Lomba Secara Daring
Selasa, 8 September 2020 | 15:11 WIB

Salah satu acara lomba dalam KOMPAK FTP 2020

KOMPAK 2020, merupakan acara kolaborasi dari Kompetisi Bola Pangan ( KOBONGAN) dengan Olimpiade Pangan (OMPANG). Mungkin sebelum jauh sampai ke kegiatannya, pastinya kalian penasaran sebenarnya KOBONGAN dan OMPANG sendiri itu apa sih??

Jadi awalnya dari departemen Minat Bakat BEM Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mempunyai dua program kerja utama, yakni KOBONGAN yang merupakan kegiatan ditujukan lebih ke eksternal universitas, dan OMPANG yang lebih ditujukan untuk kegiatan internal fakultas.

Nah, jika KOBONGAN dan OMPANG merupakan dua acara utama dari departemen Minat Bakat, lalu bagaimana dengan KOMPAK? Sesungguhnya, KOMPAK ini sesuai dengan kepanjangannya yakni Kompilasi OMPANG dan KOBONGAN, merupakan hasil penggabungan 2 acara tersebut.

Digabungnya kedua acara ini disebabkan kondisi pandemi saat ini, dimana kegiatannya tidak dapat dilangsungkan secara offline. Oleh karena itu, acara kali ini harus diadakan secara online sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang mengharuskan agar segala kegiatan di ruang publik ditunda terlebih dahulu.

Pastinya bukan hal yang mudah untuk mengubah teknis suatu kegiatan dari yang awalnya offline menjadi online. Ditemukan banyak sekali tantangan dalam persiapannya, dari persiapan ide acara yang tidak mudah penyusunannya karena diskusinya hanya bisa dilakukan secara daring tanpa tatap muka. Namun, pada akhirnya bisa ditemukan kesepakatan final untuk konsep acara yang akan diselenggarakan.

Berbeda dengan kompetisi sebelumnya, yakni KOBONGAN dan OMPANG, tahun ini KOMPAK memberikan warna baru dengan menghadirkan beberapa perlombaan baru seperti kompetisi e-Sport yang mencakup Mobile Legend dan PUBG.  Tak hanya e-Sports, KOMPAK juga memberikan keseruan lainnya seperti Fun Games.

Dalam kompetisi Fun Games ada banyak pertandingan yang dilombakan seperti Scavenger Hunt, Guess Who, Berpacu dalam melodi, dan Guess What. Tidak lupa masih ada satu perlombaan terakhir yang merupakan suatu temuan baru di Minat Bakat kali ini yakni Cooking Parody. Melalui perlombaan ini tentunya bisa didapatkan hikmah karena tetap stay productive dari rumah dengan membuat konten video memasak yang dikolaborasikan dengan canda tawa untuk menghibur audience.

Acara KOMPAK 2020 ini pun diramaikan oleh banyak mahasiswa mulai dari angkatan 2017++ bahkan sampai angkatan baru sekalipun yaitu angkatan 2020.

Penyelenggaraannya yaitu pada tanggal 31 Agustus – 5 September 2020 dan disiarkan langsung melalui platform Youtube.

Acara KOMPAK ini sendiri merupakan kegiatan pertama Minat Bakat yang disiarkan langsung melalui Youtube sehingga banyak tantangan yang dihadapi dari para panitia. Selain koneksi internet, selanjutnya juga dibutuhkan pengalaman yang handal dalam mengoperasikan Youtube Live.

Pada awalnya kita masih kebingungan, namun beruntung pada akhirnya kita mau untuk terus belajar dan saling mendukung antar sesama panitia hingga pada akhirnya acara KOMPAK 2020 bisa berjalan dengan sukses.

Sambutan terakhir dari ketua KOMPAK 2020 yaitu Farrel Budiatmaja menegaskan bahwa “Kegiatan di masa pandemi seperti ini memang cukup sulit, sehingga kami berusaha semaksimal mungkin agar bisa memberikan kegiatan yang kira-kira menarik dan tetap diminati meskipun secara daring.”

Selanjutnya dari koordinator acara KOMPAK 2020, yakni Mario Evandito, menambahkan “Sesungguhnya perjuangan kita semua panitia sudah luar bisa, kita sudah memberikan yang terbaik, apa pun keterbatasan yang kita hadapi, namun kita tetap berani untuk menyelesaikannya sampai sukses,” tutupnya.

Kategori: ,