Kesukacitaan Dalam Bertansformasi Warnai PTMB FTP Unika
Senin, 14 September 2020 | 12:02 WIB

Sesi pemberian materi oleh tim panitia PTMB FTP

Dalam rangkaian kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2020 Unika Soegijapranata yang dilaksanakan selama empat hari, pada hari Kamis (3/9) atau saat PTMB hari ketiga, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) mengadakan kegiatan PTMB Fakultas.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari melalui ruang virtual Unika itu, mengusung tema “Joyful Transformation”. Tema ini dipilih karena melihat situasi saat ini yang mengharuskan semua orang untuk bertransformasi, berubah memulai kebiasaan baru.

Namun, tidak sekedar dapat berubah dan membiasakan diri, tetapi juga dapat menyikapi segala perubahan dengan penuh sukacita. Kesukacitaan dalam bertansformasi tersebut memiliki karakteristik, yaitu APIK (Adaptif, Peduli, Inovatif, Kreatif) yang kesemuanya diaplikasikan dalam seluruh rangkaian PTMB Unika 2020, tak terkecuali PTMB FTP.

Saat dihubungi melalui LINE, Kennard selaku Ketua Panitia PTMB FTP menjelaskan kegiatan PTMB FTP tahun ini. “Dalam pelaksanaannya, kegiatan PTMB FTP menggunakan tiga platform yang berbeda, yaitu You Tube, Google Meet, dan Zoom. Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 orang mahasiswa baru FTP Unika Soegijapranata tahun akademik 2020-2021,” jelasnya.

Kegiatan PTMB FTP ini diisi kegiatan pengenalan kampus terutama di lingkungan FTP Unika, dimulai pembacaan doa, menyanyikan Hymne Unika, sambutan ketua PTMB FTP dan sambutan oleh Dr R Probo Y Nugrahedi STP MSc selaku Dekan FTP.

Berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan panitia dan dosen di FTP, serta “FTP the Explorer” yang bertujuan untuk mengenalkan ruang kelas, laboratorium, serta berbagai ormawa dan kegiatan yang ada di FTP. Selain itu, dilakukan juga pengenalan terhadap sistem KRS, platform Cyber Unika, dosen wali, dan sebagainya dalam bentuk video tutorial, lanjut Kennard.

“Seluruh kegiatan pengenalan ini adalah cara untuk mahasiswa baru dan panitia dapat adaptif dan kreatif sesuai dengan karakteristik APIK. Kepedulian dalam PTMB FTP lalu juga dituangkan dalam bentuk ice breaking melalui Gartic.io guna memecah rasa bosan dan mengakrabkan mahasiswa baru dengan kakak pembimbing kelompok,” sambungnya.

Sesi College Talk dan Brainstorming

Kemudian acara dilanjutkan dengan College Talk. Dalam acara ini, mahasiswa baru dan kakak pembimbing dalam kelompok dapat saling sharing seputar dunia perkuliahan dan FTP sehingga mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan kehidupan kuliah yang berbeda dari SMA.

Kegiatan berikutnya adalah Brainstorming, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa baru agar dapat berpikir kritis, solutif, inovatif, kreatif, dan peduli dalam memahami dan menyikapi berbagai persoalan yang diberikan panitia sesuai dengan karakteristik APIK. Pada sesi akhir, kegiatan PTMB FTP ditutup dengan menyanyikan Mars Unika dan Mars FTP.

“Yang pasti aku berharap, walaupun dalam keadaan seperti ini mereka bisa beradaptasi dengan baik. Karena di awal semester ini merupakan hal yang sangat penting, dimana mereka memulai perubahan dari SMA ke kuliah. Perubahan yang aku harapkan adalah mereka menikmati seluruh proses di awal perkuliahan dalam kondisi sulit ini, terutama dalam proses pertemanan, karena di tengah kondisi ini cukup sulit membangun pertemanan. Dalam kata lain, semoga mereka bisa menikmati seluruh proses adaptasi ke kehidupan perkuliahan baik dari akademis, organisasi, maupun pertemanan,” tutup Kennard.

Kategori: ,