Kendala Pandemi, FTP Unika Pilih Selenggarakan Keakraban Online
Selasa, 22 September 2020 | 12:45 WIB

Sesudah kegiatan PTMB, kegiatan wajib tahunan yang tidak terlewatkan yaitu Kemah Bakti Mahasiswa FTP UNIKA dijalani oleh setiap mahasiswa baru FTP UNIKA Soegijapranata. Tetapi karena adanya pandemi COVID-19, maka acara KBM dialihkan menjadi online dengan nama KELON (Keakraban Online).

KELON merupakan salah satu program kerja dari divisi Kaderisasi BEMF-TP 2019/2020 yang bertujuan sebagai salah salah satu jembatan yang akan membantu mahasiswa baru angkatan 2020 untuk mengenal lebih dalam keluarga baru mereka.

KELON 2020 dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom mulai hari Rabu, 9 September 2020 sampai Jumat, 11 September 2020. Selama acara ini, banyak diselipkan berbagai kegiatan mahasiswa baru FTP UNIKA Soegijapranata angkatan 2020.

Walaupun kegiatannya dilaksanakan secara online, akan tetapi seluruh panitia KELON 2020 tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun acara tanpa menghilangkan nilai-nilai kekeluargaan yang umumnya dirasakan selama KBM dari offline ke online.

Menurut ketua panitia Keakraban Online 2020 yaitu Gilbert Bonar Tambatua, pengalihan KBM dari offline ke online menjadi sebuah tantangan baru. Hal tersebut dikarenakan koordinasi yang hanya bisa dilakukan secara daring sehingga seluruh panitia tidak dapat bertemu langsung.

Hambatan lain yang dialami oleh peserta maupun panitia yaitu masalah koneksi internet sehingga proses dinamika sedikit terhambat. Meskipun ada kendala koneksi internet tetapi tidak menyurutkan antusias teman-teman FTP angkatan 2020 dalam mengikuti berbagai dinamika selama KELON 2020.

Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan mereka selama menjalani seluruh dinamika baik dari hari pertama hingga hari ketiga. Kekompakan teman-teman FTP 2020 diuji dengan memecahkan clue yang diberi oleh panitia. Walau tidak semua clue dapat terpecahkan, akan tetapi mahasiswa angkatan 2020 mampu mengartikan berbagai petunjuk untuk menyelesaikan game besar ini.

Acara KBM tidak lengkap bila tidak ada pemilihan Komandan Tingkat. Proses pemilihan KomTing 2020 ini memecahkan rekor karena kandidat yang mencalonkan diri sebagai KomTing terbilang cukup banyak. Setiap calon KomTing melakukan orasi kepada mahasiswa lain dan pemilihan juga dilakukan secara online. Akhirnya diperoleh suara bulat dan terpilihlah Bernadigtus Ananda sebagai KomTing 2020.

Kalian sudah sangat diterima sebagai keluarga FTP UNIKA dan kami disini sangat mengayomi kalian. “Silakan berdinamikalah dengan keluarga baru kalian dan semua civitas FTP, karena temen-temen disini tentunya akan berproses bersama-sama. Tetap semangat kuliahnya dan silakan buang ketakutan serta gapai impian!”, pesan Gilbert kepada teman-teman mahasiswa baru FTP 2020.

Kategori: ,