Jerih Payahmu Bakal Berbuah Baik
Senin, 21 September 2020 | 10:19 WIB

“Mencari suasana baru” mejadi salah satu alasan bagi Melda Nophia memilih berkuliah di Unika Soegijapranata Semarang. Perempuan yang akrab disapa Melda atau Nopi ini terpilih menjadi salah satu wisudawan terbaik periode III tahun 2020 dari Fakultas Ilmu Komputer (FIkom) progdi Teknik Informatika degan IPK 3,69 dan menyandang predikat Cum Laude.

Putri kelahiran Singkawang, 28 November 1998 dari Bapak Siauw Syau Fo dan Ibu Then Siat Kim ini memegang prinsip hidup untuk selalu bersyukur karena baginya setiap masalah pasti memiliki jalan. Selama menjalani perkuliahan di Unika Soegijpranata Semarang, Melda mengaku senang karena memiliki teman-teman yang seru diajak bergaul, meskipun program studi yang ia pilih terbilang cukup sulit baginya.

Mengenai skripsinya, alumnus SMAK Penabur Harapan Indah ini mengambil judul “Implementation of Template Matching Methods For Traffic Signs Recognition

“Jadi, skripsi aku mengulas tentang proses pendeteksian rambu-rambu lalu lintas menggunakan template matching method yang mengacu pada bentuk lingkaran pada rambu tersebut. Aku mengambil tema itu karena waktu itu mencoba tema skripsi baru, yaitu image processing.”

Dalam proses menjalani skripsinya, Melda merasa agak sulit karena adanya beberapa kendala ketika semuanya harus dilakukan lewat Vicon (Video Conference). Meski demikian, Melda merasa beruntung karena mendapat dosen pembimbing yang bersedia untuk melakukan bimbingan seminggu sekali.

Setelah lulus ini, Melda berharap dapat bekerja sesuai passionnya yakni menjadi IT Business Analyst dan kemudian akan menabung hasil dari gajinya yang kemudian diperuntukan untuk modal usaha.

“Harapan aku buat para mahasiswa Unika, yang selalu aku tanam dalam diriku, juga aku omongin ke teman-temanku bahwa ‘jerih payah kamu sekarang, bakal berbuah baik di masa depan. Jadi, jangan putus asa kalau kamu lagi berada dalam masalah. Tetap semangat teman-teman semuanya,” kata Melda memberi semangat kepada mahasiswa Unika yang masih menempuh studi di Unika. (CBL)

Kategori: ,