Ingin Melanjutkan Profesi Klinis Anak
Senin, 21 September 2020 | 13:24 WIB

Sapto Aji Hutomo, demikian nama lengkap pria yang memiliki hobi membaca dan berolahraga ini menjelaskan nama lengkapnya. Aji begitu dia sering disapa teman-temannya, merupakan anak ketiga dari empat bersaudara putra dari pasangan Bapak Tri Doyo Basuki dengan Ibu Tunisah.

Dalam wawancara singkat dengan salah satu sosok wisudawan dari Fakultas Psikologi pada wisuda periode III Unika Soegijapranata ini, dia sedikit mengulas tentang judul skripsi yang ditulisnya dan alasan memilih judul tersebut.

“Saya menyelesaikan studi di Fakultas Psikologi dengan judul skripsi “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ulangan pada Siswa SMA” ungkap Aji.

Dan alasan yang melatarbelakangi  pemilihan judul skripsi saya karena adanya keinginan yang kuat untuk mengetahui lebih jauh tentang kecemasan yang sering muncul atau dialami oleh siswa SMA setiap menghadapi ujian di sekolahnya, apalagi sekarang masih di masa pandemi, tutur Aji.

Bahkan dalam diri saya kadang juga masih muncul perasaan cemas  saat menjelang ujian, apalagi ujian skripsi kemarin, ucapnya serius.

Saat ditanya tentang kesannya selama studi di Fakultas Psikologi, Aji mengungkapkan bahwa dosen di Fakultas Psikologi Unika sangat mengasyikan sekali, perasaan yang muncul justru seperti hubungan antara orang tua dengan anaknya. Apalagi jika kita aktif di fakultas, dosen-dosennya seperti teman kita sendiri, bisa bertukar pikiran dan lain lain. Dan, diberikan kesempatan untuk praktik langsung ke lapangan hampir di setiap mata kuliah, tentu dengan fasilitas yang amat memadahi, jelasnya.

“Dan apabila berbicara tentang aktifitas kampus, saya selama studi di Unika juga sempat ikut aktif dalam beberapa kegiatan ormawa seperti UKM Badminton, UKM Radio, pernah juga menjadi Co-Trainer ATGW,” terang Aji.

Disamping itu juga pernah terlibat dalam tim jurnalistik kampus yang tergabung dalam Kronik Humas Unika selama beberapa periode. Dan tentu seperti kegiatan lainnya, jurnalistik memang saya gemari sejak saya masih SMA, sehingga tatkala kuliah pun saya ingin mengembangkan kemampuan saya di tingkat Universitas, urai Aji.

“Ada banyak manfaat yang saya peroleh dengan keaktifan saya di Kronik Humas Unika, tidak saja memperluas wawasan ilmu juga menambah relasi namun juga bisa langsung wawancara dengan orang-orang besar yang menjadi tamu pada acara Universitas, tahu kegiatan apa saja di setiap Fakultas, jadi punya teman banyak, kemudian tentunya mengasah keberanian saat wawancara dengan narasumber baik di dalam maupun di luar kampus,” kenangnya.

Aji yang lulus dengan IPK 3,28 ini, juga berharap jika Tuhan memberikan kesempatan kepada saya untuk meneruskan studi, saya akan melanjutkan profesi klinis anak. Ia juga sempat membagikan pengalamannya saat studi hingga lulus wisuda Sabtu kemarin tanggal 19 September 2020.

“Belajar bukan hanya dari dalam kelas saja, tetapi belajar di luar kelas juga sangat perlu untuk di kaji dan pelajari,”paparnya.

Dan pesan saya kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih studi, nikmatilah prosesmu, pilahlah mana yang buruk untuk tidak dilanjutkan, pilihlah pula mana yang baik menurutmu untuk di terapkan dan semoga dapat menjadi berkat untuk sesama, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,