Hendi Apresiasi Penggunaan AR pada Wisuda Virtual Unika Soegijapranata
Senin, 21 September 2020 | 8:12 WIB

image

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi,SE,MM mengapresiasi terobosan teknologi informasi yang dilakukan Unika Soegijapranata Semarang dalam rangka wisuda periode III tahun 2020 yang pelaksanaannya secara online hari ini, Sabtu (19/9).

"Dewasa ini, terutama di saat pandemi seperti ini, betapa diperlukannya penggunaan teknologi secara kreatif agar memungkinkan kegiatan-kegiatan akademik tetap terlaksana. Dan itu kembali dilakukan oleh Unika Soegijapranata pada wisudanya," ujar Hendrar Prihadi dalam sambutan virtualnya hari ini.

Terobosan itu adalah penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dengan karakter animasi 3D dengan penggunaan aplikasi Snapchat sebagai media untuk visualisasi pelaksanaan pemindahan kuncir oleh Rektor. Sementara wisudawan yang bertoga lengkap berada di rumah masing-masing. Juga teknologi Face Tracking Animation (FTA) untuk gantikan kehadiran orang di ruang wisuda.

"Penggunaan AR untuk wisuda ini digagas Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya. Sedangkan untuk kreativitas dan penggabungan teknologi informasi itu, Unika kembali mempercayakan dua hal tersebut pada kami," kata Heru Tanaya Chief Operating Officer (COO) Dreamlight World Media (DWM).

https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/240978-hendi-apresiasi-penggunaan-ar-pada-wisuda-virtual-unika-soegijapranata

Kategori: