Hari Kedua PTMB Unika, Rektor Sematkan Pin Secara Animasi
Rabu, 2 September 2020 | 10:52 WIB

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC saat menyematkan pin PTMB 2020 secara animasi menggunakan teknologi face tracking animation pada Mahasiswa Baru yang berasal dari Belitang OKU Timur

Pelaksanaan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Unika Soegijapranata tahun 2020 hari yang ke-2, dilaksanakan pada hari rabu ini (2/9) masih tetap menggunakan media virtual Unika.

Media virtual yang di tayangkan melalui youtube ini, disaksikan oleh seluruh mahasiswa baru Unika Soegijapranata periode akademik 2020-2021. Dan dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata  Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC kembali memberi motivasi dan mengingatkan kepada para mahasiswa agar siap dalam bertransformasi dan beradaptasi pada kebiasaan baru dalam pendidikan tinggi terutama di Unika Soegijapranata sebagai kampus pilihan mereka dalam menimba ilmu.

“Saya ucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di kampus ungu, kampus Unika Soegijapranata. Seperti yang kita ketahui bersama, dunia saat ini sedang berubah. Dulunya hal-hal yang dianggap baik, kini disarankan untuk tidak dilakukan. Sebaliknya, dulunya yang dianggap tidak baik, kini malah harus dilakukan. Semua menjadi terbalik-balik. Dunia seperti di-reset secara besar-besaran,” ucap Prof Ridwan.

Menghadapi tantangan itu, selain tetap menjaga protokol kesehatan karena masih di tengah pandemi covid-19, Unika saat ini tetap menyelenggarakan PTMB yang merupakan momen yang baik bagi mahasiswa baru untuk inisiasi dengan kegiatan di kampus Unika Soegijapranata walau harus melalui media digital yang telah Unika Soegijapranata siapkan jauh hari sebelum covid-19 mewabah di seluruh dunia termasuk di Indonesia, lanjutnya.

Unika Soegijapranata beradaptasi dengan merubah kegiatan menjadi daring, agar tetap bisa memberikan layanan kepada mahasiswa. Sehingga cita-cita mahasiswa tidak terhenti karena pandemi. Dan teknologi informasi yang telah disiapkan bertahun-tahun ternyata bisa membawa Unika untuk berlayar di tengah pandemi.

Di sisi lain, mahasiswa juga harus beradaptasi, membangun kebiasaan belajar yang sesuai dengan pembelajaran daring. Kita tidak tahu kapan pandemi ini benar-benar usai. Namun komitmen kita untuk belajar dengan sungguh-sungguh tidak akan pernah sia-sia. Ini akan menjadi bekal kita semua untuk berhasil dengan beradaptasi di masa-masa yang akan datang, tegasnya.

Face Tracking Animation

Dalam salah satu kegiatan di PTMB hari ke-2 ini, juga dilakukan penyematan pin secara simbolis dan menggunakan teknologi face tracking animation bagi perwakilan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya dari Banjarmasin, Ketapang, Mataram, Makale, Belitang OKU Timur, Medan, Tanjung Pinang, Sekadau, Cirebon , Semarang, Palangkaraya, Maumere, Makasar, dan Manokwari.

Penyematan pin ini sekaligus menjadi tanda kehadiran dan peran Unika Soegijapranata dalam bidang pendidikan terutama pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus penjabaran nilai-nilai Mgr Soegijapranata yang menjadi patron Unika, di seluruh wilayah tanah air dari Sabang sampai Merauke.

“Bukan soal kepintaran, kekuatan, atau bahkan kekayaan. Tetapi semangat dan ketekunan yang dibangun terus-menerus akan memungkinkan kita mengatasi berbagai rintangan,” demikian pesan yang disampaikan oleh Prof Ridwan Sanjaya saat menutup sambutannya.  (FAS)

Kategori: ,