Gak Perlu Cemas, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini
Senin, 21 September 2020 | 9:41 WIB

Bagus Seno Saputro atau yang biasa disapa Seno ini akhirnya dapat menyelesaikan studi S1-nya di prodi Teknik Sipil dan wisuda di bulan September 2020. Memilih judul skripsi tentang “Kajian Pengaruh Penambahan Fly Ash dan Polcon Terhadap Hubungan Kuat Tekan dan Kuat Lentur Balok Beton”, Seno berkisah awal penulisan skripsi ini memang terasa lama bagi Seno dikarenakan waktu yang tersita untuk mencari sponsor skripsinya.

Maksud dan tujuan Seno menggunakan sponsor dalam penulisan skripsi ini adalah untuk menghemat pengeluaran terutama topik skripsinya merupakan teknologi bahan. Disamping itu ada alasan lain yaitu untuk mencari relasi sehingga mempermudah adik-adik tingkat yang ingin membeli bahan untuk praktikum.

Hingga akhirnya usahanya membuahkan hasil dan Seno bisa mendapatkan sponsor untuk skripsinya, serta dapat melanjutkan pengerjaan skripsi ke tahap selanjutnya. Dan kemudian pada tanggal 16 Juli 2020, Seno dinyatakan lulus setelah menjalani sidang akhir yaitu pendadaran.

Seno yang lulusan dari SMKN 1 Semarang ini merasa sangat bersyukur mendapatkan dosen pembimbing yang sangat mendukung dalam penulisan skripsi ini. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua dosen pembimbing saya Ir David Widianto MT IPM dan Ir Yohanes Yuli Mulyanto MT, karena beliau berdua sangat berpengaruh sekali dalam skripsiku hingga akhirnya aku bisa lulus, terima kasih banget!” tegas Seno, dengan penuh syukur.

Harapannya melalui skripsi ini, bisa di-review kembali dan utamanya pada inovasi bahan (beton). Seno juga tidak lupa dengan partner skripsinya yang saling support sehingga skripsi cepat selesai dan sesuai target wisuda bulan September 2020. Begitu pula dengan keluarga serta teman-teman satu tongkrongan yang selalu mendengarkan keluh kesah selama penyusunan tugas akhir.

Putra dari Bapak Jumari ini berhasil lulus dengan IPK 3,01 yang juga merupakan sebuah pencapaian bagi Seno. Selepas dari kelulusan September ini Seno ada keinginan untuk dapat melanjutkan kuliah S2 namun untuk waktu dekat ini dia akan bekerja terlebih dahulu. Karena pada bulan Oktober 2020 Seno sudah mulai bekerja di luar Jawa yaitu bekerja di Makasar.

Bagi Seno sangat mengesankan dapat kuliah di Unika Soegijapranata Semarang ini dengan prodi teknik sipil yang menurutnya sangat bagus. “Kalau di teknik sipil harus siap lembur, boleh ngeluh tapi tugas harus tetap selesai,” jelas Seno.

Mantan anggota Senat Fakultas Teknik 2016/2017 ini juga pernah menjabat sebagai evaluasi program dan memberikan testimoni  bahwa sangat menyenangkan dapat mengikuti organisasi, karena disamping memiliki banyak teman, juga dapat membantu memecahkan suatu masalah serta memberikan solusi saat menghadapi problem.

“Kalau dari aku sih ya, kepalang tanggung kalau udah basah, ya nyebur sekalian.  Jadi tetap semangat, kalian harus lakukan yang terbaik hari ini, gak perlu cemas dan yang terpenting yaitu perbanyak dan perluas pertemanan, kamu boleh pintar tapi untuk apa jika gak punya relasi,” pesan Seno kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih menyelesaikan studi.  (lid).

Kategori: ,