FTP Unika Selenggarakan Kuliah Perdana Bagi Maba 2020
Jumat, 18 September 2020 | 9:39 WIB

Salah satu acara sesi kedua pada kuliah perdana Maba FTP 2020 Unika Soegijapranata secara online

Pada hari Senin (7/9) melalui media Bigbluebutton dan Zoom telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Perdana Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata. Kegiatan Kuliah Perdana ini merupakan acara tahunan yang rutin diadakan oleh FTP Unika dan dilaksanakan oleh Food Microorganizer, sebuah kepanitiaan yang menjadi bagian dalam Divisi Pelaksana Umum BEMF-TP yang diketuai oleh Yosefa Amelia P.

“Kuliah Perdana ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem perkuliahan yang ada di FTP, platform yang digunakan saat perkuliahan, Program Fastrack dan juga sharing alumni.”, ungkap Amel yang diwawancarai melalui LINE.

Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2020, beserta dosen dan tenaga kependidikan. Acara Kuliah Perdana dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.30, diisi dengan acara sambutan dan doa serta dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan pembagian link form presensi oleh pemandu acara (Lenta).

Dalam sambutannya, Dekan FTP Unika Soegijapranata Dr R Probo Nugrahedi STP MSc menyampaikan beberapa pesan penting. “Kuliah Perdana merupakan sarana untuk memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa baru tentang kehidupan kuliah di FTP, dan kesiapan para mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan studi yang baru memegang peranan penting dalam kelancaran selama studi di FTP Unika Soegijapranata, maka harapannya para mahasiswa dapat siap untuk mengawali perkuliahan, dengan berharap dapat mencapai garis akhir studinya dengan tepat waktu dan kualitas yang sempurna, artinya mahasiswa baru harus bisa menentukan tujuan selama kuliah di FTP seperti apa,” ucap Dr Probo.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan acara seminar yang dimoderatori oleh Dr  Alberta Rika Pratiwi MSi, dengan mengusung tema “Current Trends in Milk Industries and Alumni Sharing Experience”, yang dibawakan oleh Vincent Tejo STP MSc, yang merupakan salah satu alumni yang membanggakan FTP Unika Soegijapranata, yang saat ini masih  aktif bekerja di industri susu Australia.

Dalam  paparannya, Vincent menjelaskan tentang materinya yaitu mengenai susu, trend yang sedang ada pada produk susu, dan berbagi cerita menarik mengenai pengalaman selama berkuliah di FTP. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi akhir seminar.

Salah satu acara sesi pertama pada kuliah perdana Maba 2020 FTP Unika Soegijapranata secara online

Acara selanjutnya adalah penjelasan mengenai SINTAK dan E-learning yang dijelaskan oleh Dea Nathania H STP  MS dan Bernadine Agatha. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Program Fasttrack Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata oleh Meiliana SGz MS.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan pengenalan dosen serta tenaga kependidikan. Berikutnya, diadakan foto bersama di platform Google Meet.

 “Saat KulPer (Kuliah Perdana) kemarin, MaBa (Mahasiswa Baru) FTP terlihat tampak  antusias, hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada para pembicara. Pertanyaan merekapun bagus-bagus dan menarik.” ungkap Amel, Ketua acara Kuliah Perdana.

Pada pukul 13.00, acara sesi kedua dimulai di platform Zoom, dan acara dibuka dengan penampilan TP Kustik yang membawakan dua judul lagu. Selanjutnya, acara dibawakan oleh Lenta dan Alan selaku MC atau pemandu acara, dan dibacakan tata tertib dan pembagian link Google Form presensi untuk sesi kedua.

Acara sesi kedua diisi dengan penjelasan PKM (Program Kreatif Mahasiswa), kemudian dilanjutkan video penjelasan program dan struktur kepengurusan organisasi mahasiswa Senat FTP Periode 2019/2020, dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FTP Periode 2019/2020.

“Harapannya semoga setelah mengikuti Kuliah Perdana ini, teman-teman angkatan 2020 menjadi lebih semangat dalam kuliahnya dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan dan juga kepanitiaan yang ada di fakultas”, tutup Amel.

(Angel & Irma)

Kategori: ,