FOSTER 2020 Usung Tema “Food System Under The New Normal”
Rabu, 23 September 2020 | 13:35 WIB

Dalam rangka kegiatan seminar sekaligus lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) pada hari Rabu (16/9) selama satu hari, Fakultas Teknologi Pertanian kembali mengadakan yaitu Food Science Student Conference atau yang sering disebut juga dengan FOSTER yang tentunya acara ini diikuti oleh mahasiswa yang tidak hanya berasal dari UNIKA Soegijapranata.

Kegiatan ini berlangsung setelah jam perkuliahan selesai di sore hari melalui ruang virtual yaitu platform zoom dengan mengusung tema “Food System Under The New Normal”. Tema ini diangkat melihat situasi pandemi, di mana kita tetap harus menjaga pola makan atau pola konsumsi kita agar tetap sehat.

Namun, tidak sekedar mendapatkan informasi mengenai bagaimana makanan yang baik selama new normal, kita juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai makanan itu sendiri yang dapat meningkatkan sistem imun kita baik selama new normal atau di luar masa new normal ini.

Kegiatan FOSTER yang diselenggarakan ini merupakan salah satu kegiatan seminar formal dengan tiga plenary speakers, dan sekaligus lomba yang diikuti oleh berbagai tim dari beragam universitas di Indonesia.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua FOSTER dan sambutan oleh Dr R Probo Y Nugrahedi STP MSc selaku Dekan FTP yang kemudian dilanjutkan dengan seminar yang dibawakan oleh tiga plenary speakers secara bergilir.

Plenary Speakers

Tiga plenary speakers tersebut diantaranya ialah Dea N Hendryanti STP MS yang merupakan salah satu dosen pengajar di FTP Unika. Dilanjutkan oleh plenary speaker lainnya ialah Dony Dwiseptiaji STP yang merupakan salah satu alumni FTP Unika yang sekarang bekerja sebagai ketua tim di Pusat Pengembangan Produk Susu Konsumen Asia Friesland Campina, Singapura serta plenary speaker yang terakhir ialah Agnes Purwidyantri STP MSc PhD yang juga alumni FTP unika yang sekarang bekerja sebagai peneliti di International Iiberian Nanotechnology Laboratory (INL), Portugal.

Selain seminar yang menjadi ajang pemberian wawasan baru bagi peserta seminar, acara FOSTER ini juga mengadakan lomba poster ilmiah yang mengangkat tema sesuai tema besar acara yaitu “Food System Under The New Normal”.

Tahun ini, poster ilmiah yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi ialah berasal dari tim Indonesia International Institute for Life-Sciences. Setelah sesi awarding, untuk menutup acara, kami juga melakukan doorprize untuk para peserta seminar yang telah setia mengikuti seminar dari awal hingga akhir,

Dengan diadakannya kembali acara FOSTER ini, diharapkan menjadi acara yang mampu memberikan wawasan aktual kepada para peserta serta menjadi ajang untuk kembali berkarya meskipun di masa pandemi ini.

Kategori: