FADFEST 2020
Rabu, 16 September 2020 | 12:43 WIB

FADFEST merupakan acara Dies Natalis Fakultas Arsitektur dan DesainUniversitas Katolik Soegijapranata yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. FADFEST 2020 yang ke-10 ini merupakan acara untuk merayakan ulang tahun Fakultas Arsitektur dan Desain serta untuk menyambut mahasiswa baru di Fakultas Arsitektur dan Desain, selain itu tujuan lain dari FADFEST yaitu untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata serta memperkenalkan Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata kepada masyarakat umum dan pada khususnya masyarakat Kota Semarang.

Pada FADFEST 2020 ini mengangkat tema Lifestyle yang dalam Bahasa Indonesia sendiri memiliki arti gaya hidup. Tema Lifestyle ini ingin membahas bagaimana gaya hidup merupakan bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya.

Gaya hidup nokturnal sering dianggap sebagai gaya hidup yang mengarah ke perspektif yang negatif seperti pemalas, tidak disiplin, tidak sehat, bermasalah dan banyak pandangan-pandangan miring lainnya. Kebiasaan tidur di siang hari dan bangun menjelang malam layaknya burung hantu menjadi kebiasaan sehari-hari kaum nokturnal. Manusia nokturnal atau juga sering disebut manusia malam atau nightowl disebut ”si burung hantu” memang menjalani gaya hidup yang terbalik, tidur di siang hari dan aktif di malam hari. Menurut beberapa penelitian manusia malam (nokturnal) cenderung menggunakan otak kananya itu lebih kreatif dan imajinatif.

Aktif di malam hari bukan berarti para “nightowl” ini tidak produktif, melainkan merasa lebih nyaman dan tenang bekerja dengan suasana malam adalah alasan utama. Secara teknis bekerja di malam hari bagi sebagian orang memang dapat membantu untuk lebih fokus tanpa adanya gangguan dering telepon, e-mail ataupun messenger lainnya. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dengan kualitas yang memuaskan.

Maka dari itu pada FADFEST 2020, kami ingin memberikan perspektif baru kepada masyarakat bahwa kaum nokturnal yang selama ini dipandang sebelah mata bukan lah sesuatu yang negatif dengan menyalurkan ide-ide yang dituangkan dalam karya oleh mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik Soegijapranata ke hadapan masyarakat umum yang akan ditekankan dalam acara pameran dan rangkaian acara; merayakan Ulang Tahun Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik Soegijapranata; menjadikan mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik Soegijapranata lebih aktif dalam menanggapi isu sosial yang ada, melalui bidang seni dengan karya yang bersifat kreatif, inovatif, dan edukatif; mewadahi bakat-bakat di bidang seni dan insan kreatif untuk lebih aktif dalam berkarya serta komunitas-komunitas kreatif untuk menunjukan kreatifitasnya; serta menjalin relasi dengan komunitas atau universitas lain melalui pameran karya dan rangkaian acara.

Rangkaian acara FADFEST 2020 ini tersusun dari Lomba Fotografi, Webinar, Pameran Virtual, dan puncaknya yaitu Live Concert yang semuanya dilakukan secara daring. Webinar FADFEST sendiri membahas mengenai hubungan insomnia dengan Kesehatan mental dari mahasiswa FAD dan terlaksanakan pada 12 September 2020. Pameran virtual FADFEST membawakan tema Insom In Act yaitu kegiatan yang dilakukan pada malam hari, mengingat banyaknya mahasiswa FAD yang mengerjakan tugas hingga larut malam. Pameran ini diadakan selama 4 hari sejak 10 hingga 14 September 2020. Pada puncaknya diadakan Live Concert FADFEST 2020, dimana diisikan oleh band-band yang mayoritas berasal dari mahasiswa FAD juga. (bemfad)

Webinar Live Concert

image

 

image

Kategori: ,