Berusahalah Menjadi Yang Terbaik
Senin, 21 September 2020 | 9:44 WIB

Terpilih menjadi wisudawan terbaik adalah suatu hal yang harus disyukuri, senang, dan bangga dengan apa yang telah saya capai. Namun juga menjadi tantangan untuk bisa terus meningkatkan prestasi dalam bidang ilmu yang dipelajari maupun dalam implementasinya di masyarakat atau di pekerjaan, demikian ungkap Yoshua Oktavianis Harendra atau sering disapa Yoshua.

Yoshua yang terpilih menjadi wisudawan terbaik prodi Teknik Elektro pada wisuda periode III tahun 2020 Unika Soegijapranata ini, dalam wawancara singkatnya mengemukakan proses studinya di prodi Teknik Elektro hingga meraih wisudawan terbaik dengan IPK 3,36.

“Saya memilih studi di prodi Teknik Elektro karena Teknik Elektro Unika merupakan jurusan yang hebat, bersahabat dan inovatif,” terangnya.

Disamping itu, menurut saya selama mengikuti kuliah dan studi di prodi Teknik Elektro, ada banyak manfaat yang bisa saya peroleh, mulai dari pengetahuan dan kemampuan hardskill maupun softskill melalui aneka kegiatan yang saya jalani selama studi, diantaranya HMJTE 2017, UKM Gratia Choir, Panitia PTMB 2016 dan banyak lagi acara – acara kepanitiaan di kampus.

“Saya juga bisa memiliki banyak teman, ilmu materi yang disampaikan juga jelas, dan ilmu praktis yang saya terima bisa berguna untuk bekerja dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Yoshua yang merupakan alumni SMK Tunas Harapan Pati ini, dan dia telah menyelesaikan studinya dengan judul tugas akhir “Strategi Kendali Kecepatan Untuk Motor BLDC Tiga Fasa Berbasis FPGA”.

Dia juga mengemukakan alasannya mengapa memfokuskan pada judul tugas akhir yang dipilihnya. “Memilih judul tersebut karena ingin beda dengan yang lain karena kebanyakan orang menggunakan mikrokontroler sebagai pengendalinya dan ingin mencoba hal yang baru,” ungkapnya.

Yoshua adalah anak pertama dari dua bersaudara putra dari pasangan Suhartono dan Endah Purwaningsih. Dia memilih moto yang bisa senantiasa membuatnya optimis dalam menjalani studi, yaitu ‘Hidup butuh proses. Seberapa kamu jatuh dan gagal tetap berusahalah untuk menjadi yang terbaik’, tegasnya.

Dengan menggeluti hobi yang dijalani sampai sekarang yaitu musik, fotografi dan programming. Yoshua berharap setelah diwisuda bisa mengaplikasikan ilmunya di beberapa profesi yang diminatinya seperti teknisi elektro, pengembangan teknologi, dan dosen.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Yoshua sempat menitipkan pesan bagi rekan-rekannya yang masih menempuh studi di Unika. “Apabila menemui kegagalan, janganlah menyerah. Teruslah belajar dan berusaha, serta jangan lupa perbanyak mengikuti kegiatan kampus karena disana terdapat banyak pengalaman dan bisa menambah relasi terhadap orang lain, jangan takut dan minder,” tutupnya. (FAS)

Kategori: ,