Basic Leadership Virtual Learning 2020 – Fakultas Teknologi Pertanian
Senin, 28 September 2020 | 8:17 WIB

image

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian khususnya departemen kaderisasi setiap tahunnya selalu mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) sebagai salah satu program pengembangan karakter mahasiswa. Kegiatan ini termasuk dalam satu rangkaian program kaderisasi BEM FTP dimulai dari kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) yang bertujuan mengenalkan “rumah” baru bagi para mahasiswa, dilanjutkan dengan kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) yang lebih bertujuan untuk mengenalkan keluarga FTP, setelah itu ditutup dengan kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) yang bertujuan mengembangkan karakter dan melatih kepemimpinan mahasiswa FTP untuk di aplikasikan dalam kehidupan perkuliahan ataupun juga organisasi mahasiswa.

Kegiatan LKTD FTP tahun 2020 sebetulnya telah direncanakan untuk dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yang lalu dengan konsep pelatihan dengan materi teori yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan praktik agar peserta dapat langsung mengaplikasikan materi yang telah didapatkan. Namun karena kondisi pandemi covid-19 kegiatan LKTD FTP yang telah direncanakan dan siap untuk dilaksanakan terpaksa harus ditunda cukup lama hingga akhirnya diputuskan kegiatan LKTD FTP dialihkan menjadi kegiatan Basic Leadership Virtual Learning (BLVL).

image
Kegiatan BLVL ini dilaksanakan pada tanggal 25 – 27 September 2020 dan diikuti oleh 75 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi FTP angkatan 2019 dan 2018. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom. Dengan mengangkat nilai-nilai Loyal, Empathy, Awareness, dan Deference yang membentuk satu kata yaitu LEAD. Materi yang dibawakan pada kegiatan ini tentunya telah disesuaikan dengan kondisi saat ini dengan mengundang tiga orang pembicara untuk menyampaikan materi yang berkaitan dengan nilai-nilai tersebut. Kegiatan pelatihan juga dilengkapi dengan berbagai penugasan agar peserta dapat melatih mengaplikasikan materi dan nilai yang disampaikan dengan baik. Selain itu juga terdapat kegiatan sharing atau refleksi dalam kelompok-kelompok kecil bersama dengan pendamping untuk lebih memperdalam nilai-nilai yang telah disampaikan pada kegiatan ini. Pada hari terakhir peserta dalam kelompok kecilnya berdinamika dalam sebuah permainan yang melatih peserta untuk berpikir kritis dan berargumen. Pada puncak acara, peserta diberikan peneguhan untuk dapat lebih meresapi nilai-nilai yang telah disampaikan selama kegiatan ini dan supaya peserta memiliki komitmen yang semakin kuat untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut dan membawa pengaruh baik bagi sekitarnya.

Secara keseluruhan kegiatan Basic Leadership Virtual Learning ini berjalan dengan lancar dan peserta juga mampu menyampaikan kesan yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan ini. Dengan di adakannya kegiatan ini ditengah pandemi covid-19 diharapkan peserta dapat terus menyadari perannya dalam lingkungannya dan juga dapat mengambil sikap sesuai kemampuannya hingga nanti dapat memberikan pengaruh yang positif bagi sekitarnya. Diharapkan peserta juga dapat betul-betul menjadi pemimpin mulai dari dalam dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi pemimpin bagi orang lain.  (bem-ftp)

Kategori: ,