Alumnus FBS Unika Soegijapranata Tempuh Studi S2 di Jerman
Selasa, 22 September 2020 | 10:12 WIB

Susanna Dyah Edelweis Widyaningsih SS merupakan alumnus Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata yang kini tengah melanjutkan studi S2 jurusan International Media Cultural Work di Hochschule Darmstadt, Jerman.

Wanita kelahiran kota Semarang ini mengatakan bahwa ia menempuh studi S2 sejak tahun 2019 lalu. “Awalnya saya datang ke Jerman hanya untuk magang selama setahun di salah satu perusahaan farmasi. Setelah setengah jalan selesai, saya memutuskan untuk S2. Dari situ, aku mulai mencari universitas dan jurusan yang cocok dengan latar belakangku. Setelah itu, aku minta orang tuaku untuk mengirim semua berkas seperti ijazah dan lainnya. Kemudian, aku harus menerjemahkan semua berkasku dalam bahasa Jerman. Dan setelah semua berkas siap, aku mulai mendaftar ke univesitas. Aku mendaftar ke empat master program di tiga universitas Jerman. Dan Puji Tuhan aku diterima di dua universitas; Hochschule Darmstadt dan Universität Tübingen. Rasanya aku tidak merasa pesimis karena aku mendapat dukungan dari keluarga dan teman-temanku”, jelas Susan.

Susanna Dyah Edelweis Widyaningsih SS memilih Hochschule Darmstadt untuk menempuh studi S2. Menurutnya, program master di Hochschule Darmstadt dapat mendukungnya dalam berkarir. Ia pun menyampaikan apa saja yang dipelajari dalam jurusan International Media Cultural Work. “Ini fokus pada Media Arts. Jadi setiap semester kami punya project yang berhubungan dengan Media arts and culture. Dan project tersebut terbuka untuk umum. Di summer semester, kami menyelenggarakan exhibition di museum dan di winter semester kami ada workshop untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kampus”, lanjut wanita yang lahir pada 19 September 1995 ini.

Selama menempuh pendidikan di Jerman ternyata Susan sangat rindu dengan makanan Indonesia. Baginya, makanan Jerman terlalu hambar dan membosankan. Selain itu, jika makan di luar seperti restaurant, harganya sangat mahal. Sangat berbeda dengan makanan Indonesia yang harganya sangat murah, rasanya lezat, dan mudah ditemui di berbagai tempat.

Saat dihubungi melalui Whatsapp, Susanna Dyah Edelweis Widyaningsih SS pun tidak lupa menyampaikan pesannya bagi para mahasiswa FBS Unika Soegijapranata yang masih menempuh studi. “Terus semangat dan jadilah mahasiswa yang aktif bisa dalam berorganisasi atau kerja part time, internship apapun itu. Karena dengan menjadi mahasiswa yang aktif kamu akan mempunyai banyak koneksi dan itu bisa membuka jalanmu ke berbagai macam kesempatan yang kamu tidak akan sangka akan datang kepadamu”, tandas wanita yang menyelesaikan studinya di FBS Unika Soegijapranata pada tahun 2017.

Kategori: ,