Unika Tarik KKN Pandemika Setelah Berdinamika Selama Satu Bulan
Selasa, 18 Agustus 2020 | 10:55 WIB

Lurah Karangayu Ibu Sutarti SE, saat menyampaikan pesan dan kesan KKN Pandemika Unika di wilayahnya

Setelah menjalani kegiatan KKN Adaptif Pandemika Unika Soegijapranata selama satu bulan, maka pada hari Sabtu (15/8) para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN Pandemika kurang lebih 998 mahasiswa, kembali ditarik ke kampus untuk melanjutkan proses pembelajaran berikutnya.

Acara yang dilaksanakan secara daring melalui ruang virtual Unika ini, dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD, serta Kepala LPPM Unika Soegijapranata Dr Berta Bekti Retnawati, Ketua P3M Rudi Elyadi SE MM, para satgas APL dan DPL serta para koordinator wilayah mitra KKN Pandemika.

Dalam pesan sambutannya, Wakil Rektor I Cecilia Titiek Murniati PhD mengemukakan apresiasi dan penghargaannya atas kelancaran pelaksanaan KKN Pandemika yang berlangsung secara virtual.

“Setelah melihat tayangan video kegiatan KKN Pandemika yang telah dilaksanakan di wilayah mitra, saya merasa haru karena dalam kondisi yang terbatas akibat pandemi covid-19, para mitra dapat terbantu dengan bantuan para mahasiswa untuk meningkatkan inovasi produk sehingga produktifitasnya kembali meningkat,” ungkap Cecilia Titiek Murniati PhD

Selanjutnya Cecilia juga berharap perlunya dijalin kerjasama dengan para mitra yang tidak hanya dilakukan dalam waktu jangka pendek saja, melainkan juga bisa dilakukan dalam jangka panjang, sehingga akan lebih baik jika di Unika ada laman khusus yang bisa digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan KKN Pandemika dan data-data jaringan mitra, karena bantuan yang baik itu adalah bantuan yang bisa memotivasi dan tidak hanya berjangka pendek saja tetapi juga berjangka panjang, lanjutnya.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Unika Segijapranata Rudi Elyadi SE MM dalam pengantarnya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari para koordinator wilayah mitra sehingga KKN Pandemika 2020 bisa berlangsung dengan baik.

“Saya ucapkan penghargaan dan terima kasih kepada para koordinator wilayah mitra karena kerjasama yang terjalin dan terpupuk cukup lama dengan kami dari LPPM Unika, sehingga meskipun KKN kita masih dalam masa pandemi covid-19, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan kepatuhan pada pelaksanaannya, maka KKN Adaptif Pandemika Unika dapat terselesaikan dengan baik,” tuturnya.

Merespon apa yang disampaikan oleh pihak Unika Soegijapranata, perwakilan mitra pandemika yang diwakili oleh Ibu Lurah Karangayu Sutarti SE mengungkapkan hal yang kurang lebih sama.

“Terhadap pelaksanaan KKN Pandemika Unika, ternyata dalam pelaksanaannya juga luar biasa karena para mahasiswa yang KKN Unika itu sigap dan cekatan dalam menjalani kegiatan mereka di wilayah mereka terutama yang di Kelurahan Karangayu,” cetusnya.

Aktifitas tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan supportnya sangat bagus ditambah komunikasi yang baik sehingga meskipun di lapangan tapi jaga jarak tetap dilakukan dan kegiatan bersama tetap dapat terselenggara, sambungnya.

Dalam hal pendampingan mitra, juga ada perubahan positif, yang artinya sebelumnya di serambi perdagangan elektronik shopee yang tadinya produk-produk tidak ada, setelah KKN Pandemika produk mitra sudah banyak yang terpampang di shopee dan serambi perdagangan elektronik lainnya, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,