Unika Gelar Knowledge Festival 2020
Senin, 24 Agustus 2020 | 8:43 WIB

image

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata mengadakan Knowledge Festival 2020 Rabu (19/8/2020). Knowledge Festival merupakan kegiatan rutin dua tahunan sebagai media bagi seluruh dosen Unika Soegijapranata untuk menampilkan karya-karya pembelajaran terbaik yang berhasil dilakukan selama ini.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya MSIEC dan Ketua Panitia yang juga Kepala LP3 Eny Trimeiningrum SE MSi menyampaikan Knowledge Festival tahun 2020 merupakan ketiga kalinya, sebelumnya tahun 2018 dan 2016. Konwfest 2020 terasa beda karena diadakan di masa pandemi Covid-19 yang memaksa dosen dan mahasiswa menjalankan proses pembelajaran dari rumah dengan metode pembelajaran daring.

Sejak tahun 2009 Unika telah mengembangkan Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran daring dan dikembangkan tahun 2014 dan tahun 2017 LMS ini menjadi bagian dari program Rektorat Unika Connect. Sehingga saat datang masa pandemi covid 19 Unika tidak “gagap kuliah daring” karena sudah sejak lama memiliki dan menjalankannya.

Knowledge Festival 2020 kali ini dilaksanakan dalam bentuk webinar dengan Plenary Session bertemakan “Kiat Mengajar dengan Audio Visual” dengan keynote speaker Amelia Hapsari BSc MA (Program Director di In-Docs, peraih Piala Citra untuk kategori film dokumenter pendek terbaik tahun 2018 dan senias Indonesia pertama yang menjadi juri Piala Oscar awal tahun depan). Juga panel Session (Joyfull Learning with cyber.unika.ac.id) dengan pembicara Benediktus Danang Setianto SH LLM MIL (tema Group Discussions), Dr Christine Wibowo SPsi MSi (Tema Gamification), Albertus Dwi Yoga SKom MKom (Tema You Tube Integration),Cecila Titiek Murniati PhD (Tema Interarctive Learning Tools). Juga parallel Session/Call for Paper (Tema Learning Best Practices with cyber.unika.ac.id) menyajikan best pratices dari pengalaman dosen dalam menjalankan proses pembelajaran menggunakan platform cyber.unika.ac.id yang dituangkan dalam bentuk artikel dan dipresentasikan secara daring.

Kepada pers usai tampil sebagai pembicara utama Knowledge Festival, Amelia Hapsari menyampaikan kekagetannya sekaligus senang saat dinominasikan sebagai anggota akdemi Oscar. Kepercayaan industri internasional pada dirinya (Indonesia) akan dijalankan secara profesional karena anggota akademi dinominasikan oleh para sineas kaliber internasional.

Menurutnya, penggunaan film film dokumenter pendek untuk perkuliahan bisa saja dilakukan sebagai materi perkuliahan. Dan tentunya tiap dosen punya strategi sendiri serta tantangan tersendiri bagaimana cara mengkompilasi berbagai materi ajar termasuk film sebagai wahana pembelajaran. Ini juga tergantung murid dalam menerima dan memahami apa yang disampaikan lewat dosen dengan media film film dokumenter atau film apapun yang disampaikannya.

https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/unika-gelar-knoledge-festival-2020/

Kategori: