Pandemika, Kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat di Tengah Situasi Pandemi
Jumat, 14 Agustus 2020 | 8:41 WIB

image

UNIKA SOEGIJAPRANATA- Universitas swasta yang terletak di Kota Semarang, pada 17 Juli 2020 melepas 998 orang mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat yang Adaptif Menghadapi Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa (PANDEMIKA).

Di tengah masa pandemi, Unika tetap mengupayakan mahasiswanya untuk dapat melaksanakan kegiatan pengabdian dengan baik, selaras dengan motto "pro patria et humaninate" yang dimiliki. Disisi lain, penerapan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah serta meminimalisir pertemuan dengan mitra dan menggantinya dengan tatap muka secara daring, tetap menjadi perhatian utama selama pelaksanaan.

Selama berdinamika dalam kegiatan PANDEMIKA, mahasiswa terbagi ke dalam ratusan kelompok, salah satunya kelompok 114. Di ketuai oleh Novita (FTP), kelompok 114 yang beranggotakan Daniel (FAD), Monica (FHK), Nathan (FEB), Maria (FHK), serta Retia (Fpsi), membangun relasi dengan AB Frozen sebagai mitra yang bergerak di bidang olahan makanan beku.

Menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok 114, mengingat selama masa pandemi bisnis bidang makanan olahan beku justru mengalami kenaikan omset. Berakar dari fakta tersebut, kelompok merasa harus mendampingi mitra dalam segi peningkatan daya saing ditengah brand lain yang sejenis.

Penyelarasan logo, perbaikan kemasan, digitalisasi brand, pendampingan secara personal kepada pemilik usaha, serta pengadaan media promosi seperti MMT, kartu nama, serta papan petunjuk arah yang mampu memperjelas lokasi gerai mitra merupakan beberapa upaya yang kelompok 114 lakukan. Melalui program kerja yang telah ditentukan, setiap anggota kelompok 114 berusaha menerapkan dengan maksimal keilmuan yang telah diterima oleh masing-masing selama proses pembelajaran dalam kelas.

Setiap anggota saling melakukan komunikasi dan menunjukkan adanya kerjasama yang kuat sehingga tidak menemukan masalah yang berarti. Dengan berakhirnya pengerjaan seluruh program dari kelompok 114, menjadi harapan Ibu Retno Susilowati selaku pemilik usaha AB Frozen untuk tetap membina relasi baik antara kedua belah pihak.

https://www.kompasiana.com/kelompok114pandemika/5f35606ed541df3f245c48e8/pandemika-kegiatan-pengabdian-mahasiswa-kepada-masyarakat-ditengah-situasi-pandemi-covid-19

Kategori: