Pandemi Covid-19, Pertama Kalinya FHK Unika Selenggarakan Debat Piala Walikota Secara Daring
Minggu, 16 Agustus 2020 | 19:53 WIB

Pelaksanaan kompetisi Debat Piala Walikota secara daring

Kegiatan Debat Piala Walikota 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, kembali diselenggarakan pada Jumat (14/8) kemarin secara daring di ruang virtual Unika.

Acara debat yang setiap tahun diadakan dan sudah empat kalinya diselenggarakan, kali ini karena masih di masa pandemi Covid-19, maka kegiatan debat untuk pertama pertama kalinya diselenggarakan secara daring.

Seperti yang diutarakan oleh Ketua Panitia Debat Piala Walikota 2020, Fathresia Gabella Purba mahasiswi Prodi Ilmu Hukum angkatan 2018 Unika Soegijapranata.

“Acara debat yang menjadi agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh HMPSIH FHK Unika Soegijapranata, merupakan ajang debat bagi siswa SMA atau SMK se-Kotamadya Semarang, yang tujuan penyelenggaraannya untuk memberi ruang bagi para siswa untuk berkompetisi dalam ruang debat dan memperkenalkan kepada mereka adanya kegiatan debat di FHK Unika,” tutur Fathresia.

Tujuan lainnya yang melatarbelakangi kegiatan kompetisi debat ini adalah memperkenalkan FHK Unika yang sudah terakreditasi A dan akreditasi institusi Unika Soegijapranata sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi A dan menjadi perguruan tinggi terbaik se-Jawa Tengah versi Kemenristek Dikti 2019, lanjutnya.

Saat ditanya jumlah peserta dalam ajang Debat Piala Walikota 2020 ini, Fathresia menjelaskan bahwa ada sekitar delapan peserta yang mewakili SMA dan SMK yang turut andil dalam ajang kompetisi ini.

Sedang tema dalam kompetisi debat tahun ini panitia memilih tema ‘Menjadi Generasi Muda yang Kritis, Peduli, Aktif dan Inovatif’.

Acara kompetisi debat dibuka oleh Dekan FHK Unika Soegijapranata Dr Marcella Elwina Simandjuntak SH CN MHum, dan diikuti oleh perwakilan SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 12, SMKN 7, SMA PL Don Bosco, SMA Karangturi dan SMA Sedes Sapientiae.

“Dari delapan peserta debat, terpilih sebagai Juara I adalah SMAN 2, Juara II dari SMAN 3, Juara III diraih oleh SMAN 5, dan terpilih sebagai Best Speaker adalah Puti Alta Maghfira dari SMAN 3,” pungkas Fathresia. (FAS)

Kategori: ,