LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR 2020 FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Rabu, 26 Agustus 2020 | 13:43 WIB

Latihan kepemimpinan tingkat dasar merupakan acara tahunan Fakultas Ilmu Komputer yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti organisasi mahasiswa. Acara yang bertujuan melatih jiwa kepemimpinan ini berlangsung pada tanggal 24 – 25 Agustus 2020. Dengan mengusung tema "Brace Yourself Expect the Unexpected", acara ini dibagi menjadi beberapa sesi selama 2 hari.

Di hari pertama ada sesi "Goals setting" yang dipandu oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer yaitu pak Aji. Pada sesi ini pak Aji menyampaikan materi, bahwa ketika menjadi seorang pemimpin kita harus memiliki target tersendiri. Menetapkan tujuan, menyiapkan strategi dan berusaha adalah kunci utama untuk mencapai kesuksesan. Selain Goals Setting ada pula sesi Know my self yang dibawakan oleh mas Patrick. Sesi ini mengajak para peserta untuk mengenal jenis kepribadian DISC. Di awal sesi mereka diajak untuk mengisi beberapa soal yang nantinya akan menunjukkan mereka tergolong dalam kepribadian apa. Setelah itu mereka dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan jenis kepribadian yang dicampur. Peserta diberi tugas untuk membuat video, tujuannya adalah melatih para peserta untuk berdinamika di dalam kelompok dengan keadaan kepribadian yang berbeda – beda.

Di hari kedua, dibuka dengan sesi debat yang melibatkan semua peserta. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar dan dikelompok tersebut mereka akan dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Lalu mereka akan mendebatkan dan mendiskusikan beberapa topik yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Hal ini bertujuan untuk melatih jiwa kompetisi dan kemampuan public speaking mereka. Selain itu dalam debat ini mereka juga diajak untuk berpikir kritis dan cepat di dalam kelompok. Lalu setelah semua orang berdebat di masing – masing kelompok(2 kelompok). Mereka akan memilih orang – orang terbaik untuk dijadikan pion di debat final. Semua peserta terlihat antusias dalam sesi debat ini.

Selanjutnya ada sesi ormawa, dimana teman – teman peserta diajak untuk mengenal ormawa – ormawa yang ada di Fakultas Ilmu Komputer dan yang ada di universitas. Ada HMTI, HMPSSI, BEM Fakultas Ilmu Komputer, dan Senat Fakultas Ilmu komputer di tingkat Fakultas. Tidak hanya itu mereka juga diajak dengan BEM Universitas dan Senat Mahasiswa Universitas. Di sini mereka mengenal bagaimana organisasi itu tersusun dengan visi misi dari ketua, bagaimana organisasi tersebut berkontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan. Tentunya hal ini sangat berguna untuk para peserta yang ingin melanjutkan organisasi atau ingin mencoba masuk ke dalam organisasi.(ikom)

clip_image002

Gambar 1. Opening LKTD 2020

 

clip_image004

Gambar 2. Sesi Goal Setting

clip_image006

Gambar 3. Foto bersama Panitia LKTD 2020

Kategori: ,