Knowledge Festival 2020 Unika Soegijapranata, Ajang Dosen Tampilkan Karya Pembelajaran Terbaik
Jumat, 21 Agustus 2020 | 13:41 WIB

image

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata mengadakan Knowledge Festival 2020, Rabu, (19/8/2020).

Knowledge Festival ini merupakan kegiatan rutin yang bermaksud sebagai media bagi seluruh dosen Unika Soegijapranata untuk menampilkan karya-karya pembelajaran terbaik yang berhasil dilakukan selama ini.

Terlebih di masa pademi Covid-19 memaksa para dosen dan mahasiswa untuk menjalankan proses pembelajaran dari rumah dengan metode pembelajaran daring.

Unika Soegijapranata Semarang telah mengembangkan Learning Management System (LMS) dengan laman cyber.unika.ac.id untuk pembelajaran daring.

Laman ini sebenarnya sudah disiapkan sejak Tahun 2009 dan dikembangkan di Tahun 2014. Pada Tahun 2017, pembelajaran daring dalam bentuk LMS ini menjadi bagian dari program Rektorat yang disebut sebagai Unika Connect.

Metode pembelajaran daring dengan menggunakan cyber.unika.ac.id memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan tatap muka dan berkomunikasi melalui video conference, kemudian mahasiswa juga dapat mengunduh materi yang diunggah oleh dosen.

Selain itu mahasiswa juga dapat mengunggah jawaban dari tugas atau soal yang diberikan oleh dosen, dan dosen dapat melakukan evaluasi atau umpak balik dalam proses pembelajaran, dan beberapa aktivitas pembelajaran lainnya.

Lewat pembelajaran daring dosen tetap dapat bertindak sebagai fasilitator dan motivator serta tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang utama.

Sehingga mahasiswa diharapkan juga untuk mampu mengembangkan diri dalam menemukan dan mencari pengetahuan secara mandiri.

Dengan demikian kemampuan, kapasitas, dan kreativitas mahasiwa akan terbangun. Dosen dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran daring yang menarik dan membuat mahasiswa terlibat dengan senang hati dan enjoy serta bersemangat dalam proses pembelajaran.

Karya-karya terbaik tentang pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh dosen-dosen Unika Soegijapranata sudah selanyaknya mendapat tempat untuk disemaikan dalam kegiatan bersama yakni Knowledge Festival 2020.

Knowledge Festival 2020 akan dilakukan dengan media daring dengan bentuk web seminar (webinar) yang terdiri dari dua sesi yaitu: Plenary Session dengan tema Kiat Mengajar dengan Audio Visual dan Parallel Session/Call for Paper dengan tema Learning Best Practices with cyber.unika.ac.id

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya menyampaikan kesehatan dan sukacita menjadi doa yang tidak pernah berhenti dalam menjalani aktivitas belajar dan mengajar.

Pembelajaran yang harus dilaksanakan secara virtual sesuai dengan keputusan pemerintah yaitu sampai dengan akhir tahun 2020.

"Seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang, hal tersebut juga berlaku di dalam perkuliahan dengan cara-cara baru yang kita terapkan secara virtual," ucapnya.

Menurutnya, pada awal-awal pelaksaanaan perkuliahan daring, dosen maupun mahasiswa merasakan ketidaknyamanan yang kurang lebih sama dan berharap bisa melewatkan kondisi ini dengan cepat.

"Ada yang optimis akan segera kuliah setelah wabah ini selesai, namun ternyata wabah tidak kunjung usai. Tetapi ada juga yang optimis dengan menggali berbagai hal yang baru untuk mewujudkan sukacita dalam belajar di dunia yang baru," terangnya.

Dia menuturkan, setelah dengan terpaksa menjalani cara baru selama hampir satu semester, hasil survei untuk menerima pembelajaran dengan cara daring ternyata meningkat secara signifikan dari sisi mahasiswa.

"Bahkan dalam diskusi di kelas terutama di tingkat pascasarjana, mahasiswa dengan terus terang menyatakan lebih nyaman dengan cara-cara baru dan berharap untuk dilanjutkan di semester berikutnya," ungkapnya.

Ketua Panitia Knowledge Festival 2020, Eny Trimeiningrum menuturkan, kegiatan Knowledge Festival (Knowfes) merupakan kegiatan rutin 2 tahuan yang diselenggarakan LP3 Unika Soegijapranata.

"Knowfes kali ini adalah yang ketiga, yang pertama diselenggarakan tahun 2016 dan yang kedua diselenggarakan di Tahun 2018," ungkapnya.

Menurutnya, Knowfest tahun ini menjadi istimewa karena diselenggarakan secara daring, berbeda dengan Knowfes tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu tentu saja karena pademi Covid-19 yang melanda negara kita dan banyak negara di dunia.

"Tema besar dari Knowfes 2020 adalah Borderless Classroom: Best Practices of Virtual Learning”. Tema ini kami ambil mengingat masa pademi Covid-19 memaksa para dosen dan mahasiswa menjalani proses pembelajaran dari rumah dengan metode pembelajaran daring," terangnya.

Menurutnya, guna melaksanakan pembelajaran daring, Unika Soegijapranata Semarang telah mengembangkan LMS dengan laman cyber.unika.ac.id. Laman ini sebenarnya sudah disiapkan sejak Tahun 2009 dan dikembangkan di Tahun 2014.

"Metode pembelajaran daring dengan menggunakan cyber.unika.ac.id memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan tatap muka melalui video conference," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, mahasiswa juga dapat mengunduh materi yang diunggah oleh dosen, mahasiswa juga dapat mengunggah jawaban dari tugas atau soal yang diberikan oleh dosen.

"Dosen dapat melakukan evaluasi atau umpak balik dalam proses pembelajaran, serta beberapa aktivitas pembelajaran lainnya," ungkapnya.

https://jateng.tribunnews.com/2020/08/20/knowledge-festival-2020-unika-soegijapranata-ajang-dosen-tampilkan-karya-pembelajaran-terbaik?page=all.

Kategori: