Final Sayembara Desain Arsitektur Marian Center GMKA Dilakukan Secara Daring
Selasa, 18 Agustus 2020 | 10:57 WIB

image

Tim pengurus Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) bersama program studi (Prodi) Arsitektur Unika Soegijapranata, dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Tengah, menyeleksi karya ‘Sayembara Desain Arsitektur Marian Center Gua Maria Kerep Ambarawa’ pada Kamis (13/8/2020), secara daring melalui layanan zoom. Dalam seleksi itu, tim pengurus melibatkan para peserta yang masuk babak final.

Koordinator OC (Organizing Committee) dalam sayembara tersebut yang juga dosen prodi Arsitektur Unika Soegijapranata,  Maria Damiana Nestri Kiswari ST MSc menyatakan bahwa peserta yang mengikuti sayembara desain arsitektur ada sekitar 109 karya.

“Dari 109 karya tersebut diseleksi oleh panitia inti sayembara bersama tim juri, menyeleksi karya peserta hingga menjadi 82 karya. Lalu dari 82 karya tersebut diseleksi kembali hingga terpilih 10 besar karya peserta,” kata Nestri, dalam keterangan pers yang diterima KUASAKATACOM dari Humas Unika Soegijapranata, pada Sabtu (15/8/2020) pagi.

Tim juri yang terlibat dalam seleksi sayembara yaitu perwakilan dari Keuskupan Agung Semarang, tim pengurus Gua Maria Kerep Ambarawa, perwakilan dosen prodi Arsitektur Unika, dari IAI Provinsi Jawa Tengah serta Profesional Arsitek.

“Melalui lima juri tersebut, nantinya akan diseleksi dan dipilih lima besar yang akan diumumkan pemenangnya pada akhir misa streaming gereja Katedral pukul 08.00 wib, besok Minggu (16/8/2020). Dan akan disiarkan melalui youtube Komsos Keuskupan Agung Semarang maupun instagram @mariancenterGMKA,” sambungnya.

Nestri menuturkan bahwa pada prinsipnya ada karakter yang menjadi salah satu bagian dari penilaian karya desain Marian Center ini, yaitu  karya desain dapat bersinergi dengan fasilitas-fasilitas lain yang ada di GMKA.

Kemudian juga bagaimana fasilitas yang didesain untuk Marian Center ini bisa bersahabat dengan lingkungan.

"Artinya keberadaannya tidak mengurangi resapan air, tidak merusak lingkungan dan dapat menjaga keaslian alam, serta aspek ekologis juga diperhatikan," jelasnya.

Sementara total hadiah sayembara desain Marian Center GMKA ini yaitu sebesar Rp 117.000.000,00. Hadiah tersebut akan dibagikan kepada pemenang juara I, II, dan III, serta juara harapan I maupun juara harapan II.

“Peserta sayembara ini berasal dari kalangan umum, profesional dan mahasiswa. Peserta juga ada yang perorangan atau kelompok. Satu kelompok maksimal lima orang, dengan ketua memiliki SKA IAI,” tandas Nestri.

https://kuasakata.com/read/berita/17478-final-seleksi-sayembara-desain-arsitektur-marian-center-gmka-dilakukan-secara-daring

Kategori: