Cara Unika Soegijapranata Siasati Pandemi
Rabu, 19 Agustus 2020 | 11:57 WIB

image

PANDEMI covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan. Masyarakat dituntut berbenah diri, termasuk dunia pendidikan, supaya bisa bertahan.

Tantangan yang sama juga dihadapi Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah. Namun, mereka lebih siap. “Sejak 2010, kami sudah menyiapkan sistem yang terintegrasi untuk melakukan pembelajaran daring, baik secara synchronous maupun asynchronous. Sistem itu juga selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman,” ungkap Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya.

Teknologi digital sudah diterapkan sejak calon mahasiswa mendaftar, menjalani ujian masuk, dan melaksanakan registrasi ulang, sampai resmi tercatat sebagai mahasiswa. Teknologi daring juga dilakukan ketika mahasiswa mengisi mata kuliah yang diambil, melakukan pembayaran uang kuliah dan belajar di ruang virtual melalui cyber.unika.ac.id.

Di laman inilah presensi, pembagian materi kuliah, pengumpulan tugas, serta diskusi dengan chat tertulis ataupun tatap muka dilakukan secara virtual. “Dosen bisa menerangkan materi kuliah layaknya kelas biasa. Bahkan akses ke laboratorium komputer dapat dilakukan mahasiswa dari rumah,” lanjut doktor dari University of Bangkok itu.

Setelah ujian akhir, mahasiswa juga bisa melihat hasil pekerjaan mereka yang sudah di­beri nilai oleh dosen melalui platform yang sama. “Kesiapan Unika Soegijapranata di masa pandemi membuat kami dipercaya untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru dari seluruh Indonesia,” tandas pria asal Demak, Jawa Tengah itu.

Unika Soegijapranata merupakan perguruan tinggi swasta di Jateng yang mendapat akreditasi A dan dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik se-Jateng oleh Kementerian Riset dan Pendidikan tinggi pada 2019.

“Kami berkomitmen menjaga kualitas dalam kondisi pan­demik. Kondisi ini menantang kami untuk melakukan banyak inovasi. Pandemi merupakan tantangan untuk melompat lebih tinggi. Siapkah Anda meloncat bersama kami demi masa depan?” tandas pakar teknologi informasi itu.

https://mediaindonesia.com/read/detail/337698-cara-unika-soegijapranata-siasati-pandemi

Kategori: