Wisuda Virtual dengan Teknologi Face Tracking Animation
Selasa, 23 Juni 2020 | 9:36 WIB

SM 23_06_2020 Wisuda Virtual dengan Teknologi Face Tracking Animation

■ Terima Penghargaan Leprid

Sebanyak 536 wisudawan Unika Soegijapranata mengikuti upacara vvisuda secara virtual, Sabtu (20/6).

Proses wisuda tersebut menggunakan Teknologi Face Tracking Animation, yang membuat para wisudawan seolah-olah mengikuti acara wisuda secara langsung, meskipun sebenarnya ada proses teknologi animasi di sana.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan pihaknya menyadari wisuda sebagai momen yang sangat penting dan memang merupakan penghargaan terakhir mahasiswa. Untuk itu pihaknya ingin mencari sesuatu yang baru, yang belum dilakukan oleh universitas lain.

"Sebelumnya kami mendapatkan banyak informasi tentang virtual celebration dari banyak pihak. Baik yang diselenggarakan universitas di dalam dan luar negeri. Namun, kami merasa belum puas dengan beberapa contoh yang ada. Oleh karena itu, Unika menggandeng Dreamlight World Media untuk menyelenggarakan hal ini," kata Prof Ridwan.

Wisuda virtual itu dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama untuk 335 wisudawan yang lulus Maret dilakukan pukul 09.00 WIB dan 201 Wisudawan yang lulus Juni pada pukul 13.00 WIB. Sehingga total wisudawan hari ini mencapai 536.

Hal ini dilakukan karena kondisi saat ini sedang ditengah-tengah pandemi Covid-19. Sehingga Unika Soegijapranata sangat memprioritaskan masalah kesehatan mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan.

Pemikiran tersebut yang menjadi latar belakang Unika Soegijapranata mencari bentuk wisuda yang bisa menjadi dokumentasi semirip mungkin dengan wisuda yang riil.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutan onlinenya menyatakan, animasi yang disajikan dalam wisuda virtual, cukup menarik. "Ini akan jadi catatan seumur hidup bagi para wisudawan. Selamat kami sampaikan kepada para wisudawan," kata pria yang akrab Hendi itu.

Sementara itu Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mencatat wisuda tersebut sebagai rekor wisuda virtual dengan teknologi animasi deteksi wajah (face tracking animation) pertamadi Indonesia.  Penghargaan diberikan kepada Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC selaku pemrakarsa dan sivitas akademika Unika Soegijapranata selaku penyelenggara.

Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka secara simbolis menyerahkan penghargaan berupa piala, medali dan piagam kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Cecilia Titiek Murniati dan Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA), Lenny Setyowati di kampus Unika Soegijapranata Semarang, Sabtu.

"Kreatifitas ditengan masa pandemi ini perlu kami apresiasi. Wisuda virtual yang digelar Unika ini merupakan kemajuan teknologi dengan ide kreatif, inovatif berhasil menyelenggarakan wisuda secara virtual dengan teknologi Face Tracking Animation merupakan hal baru dan pertama kali ada di Indonesia,” jelas Paulus Pangka.

►Suara Merdeka 23 Juni 2020 hal. 10

Kategori: