Wisuda Online Face Tracking Animation
Senin, 22 Juni 2020 | 15:51 WIB

imageUniversitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menggelar visuda secara online (virtual) bagi 536 mahasiswa berbagai prodi dan fakultas yang ada di Unika, Sabtu (20/6).

Wisuda dibagi dua gelombang, gelombang I pukul 0 9.00 – 12.00 untuk periode Maret 2020 dan Gelombang II pukul 13.00 -15.00 untuk periode Juni 2020. Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya SE MSIEC dan Wakil Rektor Bidang Akademik Dra Cecilia Titiek Murniati MAPhD menyatakan mahasiswa menginginkan Unika menggelar wisuda yang memorable yang bisa dikenang terus.

”Tidak hanya hanya sekadar online dengan menggunakan slide foto atau tempel wajah seperti yang banyak dilakukan kebanyakan perguruan tinggi. Cara itu belum bisa mewakili perasaan mahasiswa yang ingin seperti wisuda betulan atau offline. Sehingga Unika Soegijapranata bekerjasama dengan DreamLight World menggunakan teknologi canggih face tracking animation sehingga gerakannya mirip sekali riil atau hidup,” ujar Rektor.

Jadi yang berganti-ganti para wajah para wisudawannya dan bukan ditempel saja tapi betul di-tracking sehingga badan dan wajah seperti aslinya. Menurut Rektor, cara yang dipakai Unika ini yang pertama di Indonesia. Penggarapannya halus sehingga mahasiswa bisa merasakan secara spirit seakan hadir di lokasi wisuda karena menggunakan teknologi canggih dan paling mendekati yang sesungguhnya.

Memang dengan teknologi ini relatif lebih banyak mengeluarkan biaya dibanding wisuda online yang “tempel wajah” atau “slide” karena wisuda yang ini sangat mendekati aslinya dan serasa hidup seperti hadir betulan offline. Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Dra Cecilia Titiek Murniati MAPhD menyatakan dirinya sudah melihat banyak wisuda online berbagai perguruan tinggi ternama dunia.

►Kedaulatan Rakyat 21 Juni 2020 hal. 6

Kategori: