Wanacaraka untuk Sesama
Selasa, 9 Juni 2020 | 12:10 WIB

Wanacaraka untuk Sesama merupakan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh UKM Wanacaraka. Mengingat pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak bulan Maret 2020, maka kegiatan ekspedisi Wanacaraka terpaksa dibatalkan. Oleh karena itu, kami mengalihkan kegiatan ekspedisi menjadi kegiatan yang positif dan bermanfaat di masa pandemi untuk membantu meringankan mahasiswa UNIKA yang merantau di kota Semarang agar dapat memenuhi kebutuhan pangan. Adapun bantuan yang kami berikan berupa masker dan sembako, seperti beras, gula, mie instan, sarden, dan lain-lain.

Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2020, pukul 16.00 WIB. Pembagian sembako dilakukan dengan cara mahasiswa mengambil paket sembako di pos satpam / gerbang masuk UNIKA dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini diketuai oleh Theresia Andrea Dina (Arsitektur 18) dari koordinator divisi Gunung Hutan Wanacaraka, dan penanggung jawab oleh Andreas Cahyo (Teknik Sipil 16) yang merupakan ketua UKM Wanacaraka. Adapun mahasiswa yang menerima bantuan sembako yaitu berjumlah 15 orang.

Kami menyediakan formulir online yang dapat diisi oleh mahasiswa perantau yang membutuhkan bantuan bahan pangan. Setelah mendapatkan daftar nama mahasiswa, panitia kemudian membeli sembako yang nantinya akan dikemas menjadi paket-paket. Sebagai mahasiswa pecinta alam yang peduli lingkungan, kami juga mengemas paket sembako dengan stringbag yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang untuk mendukung gerakan bebas plastik.

Satu hari sebelum pembagian sembako dilaksanakan, panitia mengemas paket-paket sembako dengan menerapkan protokol kesehatan (mencuci tangan, menggunakan masker). Keesokan harinya pada pukul 16.00, panitia menyiapkan paket-paket sembako di pos satpam / gerbang masuk UNIKA. Sebelumnya panitia telah menginformasikan kepada mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan untuk mengambil paket sembako secara mandiri dengan menerapkan protokol kesehatan di lokasi dan waktu yang telah ditentukan.

Kami berharap dengan diadakannya kegiatan bakti sosial Wanacaraka untuk Sesama ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa UNIKA khususnya yang sedang merantau di kota Semarang. Kedepannya, kami juga berharap dapat kembali melakukan kegiatan serupa untuk membantu mahasiswa maupun masyarakat yang membutuhkan bantuan di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini masih terus berlangsung. (Wanacaraka)

image

Kategori: ,