Virtual Celebration for Graduation Unika Soegijapranata 2020
Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:52 WIB

Dampak pandemi covid-19 terasa juga di perguruan tinggi khususnya di Unika Soegijapranata, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dengan tri dharma yang diembannya.

Dan salah satu kegiatan yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19 serta baru bisa dilaksanakan hari Sabtu ini (20/6) dalam jam yang berbeda pukul 09.00 wib yaitu wisuda periode I tahun 2020, yang dilanjutkan dengan wisuda periode II tahun 2020 Unika Soegijapranata pada pukul 13.00 wib.

Acara wisuda yang inovatif karena menggunakan virtual dengan teknologi animasi deteksi wajah ini, memang menjadi jawaban yang dipilih untuk mengingat adanya protokol pandemi covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah hingga saat ini.

Dengan program aplikasi face tracking animasi yang digunakan oleh Dreamlight World Media sebagai rekanan Unika dalam menggarap  Virtual Celebration for Graduation Unika Soegijapranata 2020, maka acara wisuda virtual yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata tampak seperti aslinya.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dalam sambutannya di acara virtual celebration tersebut.

“Dalam kondisi yang sulit ini akibat wabah pandemi COVID-19, kita masih diberi kesempatan untuk merayakan momentum yang bersejarah dalam hidup para wisudawan atau wisudawati. Meskipun saat ini ada yang melihat prosesi wisuda dengan cara yang berbeda-beda, baik dalam bentuk virtual celebration, secara langsung dalam wisuda tunda, maupun melalui siaran langsung di internet, kami berharap wisudawan atau wisudawati beserta orangtua dan pasangan masing-masing tetap merasakan kebahagiaan yang sama,” ucap Prof Ridwan.

Sementara Ketua Pantia Wisuda sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Unika Soegijapranata B Lenny Setyowati SS MlKom, menerangkan pelaksanaan wisuda peride I dan periode II tahun 2020 Unika Soegijapranata.

“ Unika Soegijapranata sejak tahun 2020, mulai menyelenggarakan wisuda empat kali dalam satu tahun, yaitu bulan Maret-Juni-September-Desember. Dan saat kita mencoba memulai dengan empat periode wisuda, bersamaan pula dengan munculnya pandemi covid-19, sehingga atas pertimbangan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah terkait penanggulangan pandemi covid-19, maka wisuda kami selenggarakan hari Sabtu ini,” ungkapnya.

Namun harapan kami dengan upaya yang terbaik melalui inovasi digital teknologi animasi yang belum pernah digunakan oleh perguruan tinggi manapun di Indonesia, maka harapannya pelaksanaan wisuda secara virtual ini dapat memuaskan harapan dan keinginan para wisudawan agar tetap memiliki momen istimewa saat berhasil menyelesaikan studi mereka, sambungnya.

Dalam pelaksanaan wisuda kali ini, jumlah wisudawan yang mengikuti adalah sebanyak kurang lebih 536 wisudawan, yang terdiri dari jumlah wisudawan periode I sebanyak 335, sedangkan jumlah wisudawan periode II tahun 2020 sebesar 201 wisudawan, tutupnya. (fas)

Kategori: ,