Unika Jalin Kerjasama dengan Pemkab Pati
Rabu, 24 Juni 2020 | 13:42 WIB

Sebelah kiri Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi, dengan Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC (sebelah kanan)

Pada hari Rabu (24/6) melalui ruang virtual Unika Soegijapranata telah diselenggarakan penandatanganan MoU antara Unika Soegijapranata dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati secara online.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC, kemudian hadir pula Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi didampingi jajarannya, serta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Benny Danang Setianto SH LLM MIL, maupun Dekan Fakultas Kedokteran, Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama Unika serta Kepala LPPM Unika Sosegijapranata.

Dalam kesempatan wawancara setelah penandatangan MoU, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Benny Danang Setianto SH LLM MIL menuturkan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dilakukannya kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pati,

“ Pada saat kunjungan kami sebelum masa pandemi covid-19 ke Pemkab Pati, yang ditemui langsung oleh Bapak Bupati Pati Haryanto yang saat itu didampingi oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo. Awalnya, tujuan kunjungan kami pada saat itu adalah untuk meningkatkan kerjasama Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dengan mitra rumah sakit pendidikan utama,” paparnya.

Syaratnya untuk menjadi rumah sakit pendidikan utama yaitu kategori rumah sakitnya adalah B, dan pendidikan. Jadi rumah sakitnya sudah siap menerima  pendidikan. Sedangkan RSU RAA Soewondo itu merupakan salah satu rumah sakit di provinsi Jawa Tengah yang telah memiliki persyaratan itu, lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, tanggapan Bapak Bupati sangat positif, bahkan melebihi harapan kami. Artinya, Bapak Bupati berharap apabila kerjasama bisa dilakukan dan Unika akan melaksanakan lebih jauh maka telah disediakan area tanah seluas 7 hektar untuk bisa dipakai sebagai kampus di Pati.

Naskah kerjasama ini sifatnya juga sebagai payung terhadap semua kegiatan tridharma pendidikan tinggi, yang akan kita selenggarakan dan kembangkan di kabupaten Pati, tandasnya.

Saat penandatanganan MoU secara virtual antara Unika Soegijapranata dengan Pemkab Pati

Sementara ini kita sendiri juga sedang mengembangkan kampus di daerah BSB City, yang untuk tahap pertama kita bangun fasilitas gedung untuk bersama, terutama untuk kluster-kluster yang kita sebut sebagai pengembangan kampus inovatif, yang nanti gedung tersebut bila sudah jadi pada bulan Februari 2021 mendatang akan kita namai IPC atau Inovatif Program Cluster dengan harapan akan menjadi pusat riset yang terkait dengan dunia industri, pungkasnya.

Sedang Bupati Pati Haryanto secara sekilas dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan saat ini merupakan kerjasama yang pertama kali dilakukan secara virtual. Sehingga terkait dengan permohonan kerjasama pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian atau tridharma perguruan tinggi di Kabupaten Pati disambut dengan baik.

Terlebih dengan hadirnya Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata di Kota Pati tentu sangat diharapkan, mengingat belum ada perguruan tinggi di sekitar Kota Pati yang program studinya kedokteran, disamping itu juga animo kebutuhan untuk ilmu kedokteran di daerah itu cukup tinggi.

“Harapannya dengan penandatanganan kerjasama ini, ke depannya kita bisa lebih leluasa mengimplementasikan secara teknis baik di bidang pendidikan, pelatihan, atau program lainnya melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing, baik itu Bappeda maupun Dinas Koperasi dan UMKM serta OPD lainnya,” pungkas Haryanto. (FAS)

Kategori: ,