Unika Gandeng Dreamlight Gelar Wisuda Daring Teknologi Face Tracking Animation
Selasa, 9 Juni 2020 | 8:24 WIB

image

Unika Soegijapranata bekerjasama dengan Dreamlight World Media menghadirkan wisuda daring dengan teknologi "Face Tracking Animation".

Melalui teknologi ini, wisudawan terlihat mengikuti acara wisuda secara langsung, meskipun sebetulnya merupakan campur tangan animasi dari wajah wisudawan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Dra Cecilia Titiek Murniati mengatakan, jika Unika sangat memandang bahwa wisuda adalah kegiatan yang sangat penting dan memang merupakan penghargaan terakhir para mahasiswa.

Oleh karena itu, Unika ingin mencari sesuatu yang baru, atau sesuatu yang lain yang belum dilakukan oleh universitas lain. Karenanya, pihaknya bekerja sama dengan dreamlight world media untuk menyelenggarakan face tracking animation tersebut.

"Kita memutuskan akan memberikan hadiah kepada para wisudawan yang tidak bisa melaksanakan wisuda secara langsung pada bulan Maret lalu, dengan menyelenggarakan virtual celebration," ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Unika Soegijapranata, Lenny Setyowati SS Mikom menambahkan, pemikiran tersebut yang menjadi latar belakang Unika Soegijapranata mencari bentuk wisuda yang bisa menjadi dokumentasi semirip mungkin dengan wisuda yang riil. 

"Jika di dalam permainan digital yang berjudul "The Sims", pemain merasakan hidup secara virtual dan terlibat di dalamnya. Bagaimana wisudawan juga merasakan saat berada di acara wisuda secara virtual, menjadi pemikiran yang serius," imbuhnya.

“Ide penyelenggaraan ini sempat dicoba dalam beberapa kali eksperimen, termasuk memanfaatkan teknik Chroma Key dengan layar hijau, agar tampak berada di suasana wisuda secara riil. Namun kemudian panitia mencari lagi teknis yang lebih nyata melalui kerjasama dengan Dreamlight World Media,” ucapnya.

https://www.ayosemarang.com/read/2020/06/08/58355/unika-gandeng-dreamlight-gelar-wisuda-daring-teknologi-face-tracking-animation

Kategori: