TJI Unika Selenggarakan Webinar Nasional Bertema Dampak Jalan Tol Terhadap Pulau Jawa
Jumat, 5 Juni 2020 | 22:23 WIB

The Java Institute sebagai salah satu pusat studi di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata, selama dua hari mulai Kamis dan Jumat, tanggal 4 hingga 5 Juni 2020, telah menyelenggarakan Webinar Nasional TJI Series dengan tema “Dampak Jalan Tol Terhadap Pulau Jawa”.

Acara webinar nasional yang diawali hari Kamis (4/6) kemarin, juga dihadiri oleh Wakil Walikota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu MSos, sedangkan dari Unika Soegijapranata Rektor diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dra Caecilia Titiek Murniati MA PhD.

Sementara keynote speaker dalam webinar TJI ini adalah dua orang pakar di bidangnya yang menyoroti dampak jalan tol di pulau Jawa dari sisi yang berbeda, yaitu Dr Rr MI Retno Susilorini ST MT yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Prodi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan yang  juga dosen Unika Soegijapranata dan Ir Drs Djoko Setijowarno MT yang juga dosen Teknik Sipil Unika Soegijapranata sekaligus sebagai Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia.

Dalam acara webinar nasional ini juga turut memaparkan materi mereka yaitu 14  pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda-beda namun tema bahasannya masih dalam lingkup topik yang sama sesuai tema Webinar Nasional TJI Series.

Bisa lihat Webinar Nasional TJI Series hari ke-1 : https://www.youtube.com/watch?v=pU9Mofddg9E

Dalam penjelasannya, Dr Dra Ekawati Marhaenny Dukut MHum selaku Ketua TJI Unika Soegijapranata mengemukakan alasan diselenggarakannya acara webinar nasional  TJi ini.

“Kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi yang diadakan oleh TJI sifatnya multidisiplin karena merangkul para akademisi dari lintas bidang ilmu. Hasil kegiatan TJI diharapkan bermanfaat bagi masyarakat lokal yang tinggal di Pulau Jawa dan masyarakat global yang mempunyai perhatian khusus terhadap fenomena yang berlangsung di Pulau Jawa,” jelasnya.

Infrastruktur memiliki peran yang sangat penting dalam sistem perekonomian. Semakin baik keadaan infrastruktur, semakin baik pula pengaruhnya terhadap keadaan ekonomi. Dari hasil survei tentang jalan tol yang dilakukan oleh tim TJI, ditemukan adanya dampak dari pembangunan jalan tol, yaitu antara lain semakin mudahnya akses transportasi antar daerah, sehingga aktifitas bisnis berjalan dengan lancar.

Namun Di samping sisi positifnya, dampak negatif yang menjadi sumber perdebatan dalam pembangunan jalan tol adalah penggunaan lahan yang sangat luas dan secara langsung akan berdampak pada tata ruang lahan pertanian secara keseluruhan di pulau Jawa, ucapnya.

Sedang dari dua narasumber keynote speaker, dalam paparan materi mereka tampak berbagai pandangan keilmuan dari berbagai sisi mulai dari sejarah hingga pada regulasi dan kebijakan pemerintah mengenai infrastruktur jalan tol di pulau Jawa maupun nasional yang dikaji secara teknis maupun secara sosial budaya hingga ekonomi serta pertahanan, yang diarahkan pada pembangunan yang berkelanjutan demi tercapainya kemaslahatan.

Bisa dilihat Webinar Nasional TJI Series hari ke-2 : https://youtu.be/ujnsDAN0pkc

Acara yang bisa disaksikan melalui youtube ini banyak disaksikan oleh berbagai kalangan baik akademis, pemerintahan, serta perwakilan lembaga serta pemerhati transportasi dari masyarakat umum. (FAS)

Kategori: ,