Rektor dan Unika Soegijapranata Terima Penghargaan dari LEPRID Untuk Kedua Kalinya di Tengah Masa Pandemi Covid-19
Senin, 22 Juni 2020 | 10:11 WIB

Ketua Umum LEPRID Paulus Pangka (kiri) saat menyerahkan medali, piagam dan piala kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD (tengah), berserta B Lenny Setyowati SS MIKom selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Unika Soegijapranata (Kanan).

Unika Soegijapranata pada Sabtu lalu (20/6) telah melaksanakan virtual celebration for graduation untuk periode I dan periode II tahun 2020 di Unika Soegijapranata.

Acara yang dilakukan secara streaming melalui kanal youtube ini merupakan hasil kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan Dreamlight World Media dengan menggunakan teknologi face tracking animation sehingga tampilan tayangan pelaksanaan wisuda virtual celebration ini bisa tampak seperti aslinya.

Dan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Dreamlight World Media, pelaksanaan virtual celebration for graduation yang menggunakan teknologi face tracking animation ini, baru pertama kali dilakukan di indonesia.

Berdasarkan informasi tersebut, maka bersamaan dengan pelaksanaan virtual celebration di Unika, pihak LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) telah hadir dan menyerahkan piala serta penghargaan sebagai pengakuan dan penghargaan atas prestasi inovasi teknologi virtual celebration for graduation dengan menggunakan face tracking animation yang pertama kali di Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD yang mewakili Rektor saat pelaksanaan acara penerimaan penghargaan berlangsung, “Di Indonesia, pelaksanaan wisuda secara virtual yang menggunakan deteksi wajah atau face tracking animation, pertama kali dilakukan oleh Unika Soegijapranata. Oleh karena itu kami mengundang LEPRID untuk memastikan bahwa Unika Soegijapranata memang yang pertama kali melakukan itu di indonesia, bahkan di dunia,”paparnya.

Dan kami rasa hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi kami meskipun tujuannya bukan untuk mencari pengakuan dari LEPRID, namun dengan terselenggara pertama kali ini, menjadi berkah tersendiri karena bagi kami fokusnya lebih pada kesehatan para wisudawan supaya wisuda tetap terselenggara walau di tengah pandemi covid-19, lanjutnya.

Sementara Ketua Umum LEPRID Paulus Pangka dalam acara penyerahan piala dan penghargaan, menuturkan prestasi Unika Soegijapranata untuk yang kedua kalinya tercatat di LEPRID, di tengah masa pandemi covid-19.

“Leprid memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Rektor dan lembaga Unika Soegijapranata, atas prestasi yang diraih dengan menyelenggarakan wisuda virtual menggunakan teknologi animasi diteksi wajah, yang baru pertama kali dilakukan oleh Unika Soegijapranata di Indonesia,” ujar Paulus Pangka.

Diharapkan di tengah pandemi covid-19 ini, ide-ide kreatif itu muncul dalam diri kita masing-masing dan menjadi solusi pada permasalahan yang sedang dihadapi, untuk itu atas prestasi yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata, kami memberikan apresiasi dengan meyerahkan penghargaan berupa medali, piagam dan piala kepada Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, juga kepada Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata sebagai penyelenggara wisuda virtual dengan menggunakan teknologi animasi diteksi wajah, tutur Paulus Pangka mengakhiri sambutannya dan dilanjutkan penyerahan medali, piagam dan piala LEPRID. (FAS)

Kategori: ,