Rector Cup Unika Soegijapranata Selenggarakan E-Sport
Sabtu, 20 Juni 2020 | 15:48 WIB

Para peserta e-sport dalam Rector Cup 2020 Unika Soegijapranata

Rector cup adalah sebuah wadah bagi seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata untuk saling mengakrabkan satu sama lain melalui cabang olahraga futsal, fotografi, basket, badminton, tennis, dan dance. Namun pada tahun 2020 panitia rector cup menambahkan satu cabang olahraga baru yakni e-sport.

Noel Raditya Fajar Nugroho, mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2017 adalah ketua rector cup 2020. Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 sendiri panitia rector cup menambahkan cabang olahraga yakni e-sport.

Pembukaan rector cup 2020 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Juni 2020 . Dr V Kristina Ananingsih MSc selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan memberikan sambutan melalui video secara singkat sebagai tanda dimulainya  e-sport rector cup 2020. Sambutan ini ditayangkan di live streaming youtube BEM Unika Soegijapranata.

Peserta yang berpartisipasi dalam ajang tersebut terdiri dari mahasiswa tiap fakultas yang berada di Unika Soegijapranata. Event ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai dari  tanggal 16 juni 2020 sampai 18 juni 2020.

Tujuan dari rector cup  tahun 2020 adalah mengakrabkan mahasiswa antar fakultas di Unika Soegijapranata.  Peserta yang dituju adalah mahasiswa Unika Soegijapranata dengan jumlah peserta mobile legends adalah 16 tim dan PUBG mobile adalah 17 tim.

“Untuk Mobile Legends sendiri yang mendapat juara 1,2, dan 3 adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, karena memang di fakultas ini, mahasiswanya memiliki potensi  dalam bermain games mobile legends.  Berbeda dengan games  PUBG mobile, untuk juara 1 berasal dari Fakultas Teknik, juara 2 berasal dari Fakultas Hukum dan Komunikasi, dan juara 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis”, jelasnya.

Menurutnya, untuk proses awal sampai akhir dilakukan secara online mengingat anjuran pemerintah yaitu physical distancing. Oleh karena itu panitia menyiapkan google form untuk sarana pendaftarannya, lalu untuk biaya pendaftaran panitia memberikan via transfer.

Panitia Rector Cup 2020 Unika Soegijapranata

”Event lomba ini adalah yang pertama kali diadakan di rector cup, yaitu cabang olahraga e-sport mengingat e-sport ini masih “naik daun” di kalangan masyarakat.”, jelasnya. Menurutnya pada masa pandemi ini yang kemungkinan besar bisa terlaksana dan tetap menerapkan protokol kesehatan adalah e-sport. “Kami mengadakan event ini agar peserta dapat melakukan pendaftaran secara online dan peserta pun dapat bermain di rumah masing-masing”, lanjutnya.

Panitia rector cup 2020 juga menyediakan solusi yang tepat dalam pelaksanaannya yakni dengan melalui siaran langsung atau live streaming di youtube BEM Unika Soegijapranata. Mahasiswa yang lain juga bisa menikmati permainan dari tim yang mereka jagokan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Menurutnya juri atau tim penilai pada cabang olahraga ini tidak diperlukan sebab poin kemenangan mobile legend dan PUBG mobile langsung ditentukan oleh poin kemenangan di games tersebut. “Kami juga memilih mvp dalam event tersebut”, jelasnya.

Pemenang juara 1 mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 1 juta, lalu untuk juara 2 berjumlah Rp 750 ribu, dan juara 3 diberi hadiah sebesar Rp 500 ribu. Dan  untuk pemain terbaik di setiap gamenya kami siapkan Rp 150 ribu per individunya. (Thobie)

Kategori: ,