Open House FTP Unika dalam Live Instagram
Jumat, 5 Juni 2020 | 13:25 WIB

Sesi instagram live dalam Open House FTP Unika Soegijapranata 2020

Berada dalam kondisi belajar dan bekerja dari rumah tak menjadi kendala bagi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata untuk tetap bisa memperkenalkan diri kepada calon mahasiswa baru angkatan 2020. Dalam kegiatan Open House FTP yang diselenggarakan selama 2-6 Juni 2020, calon mahasiswa bisa memperoleh gambaran mengenai FTP Unika, kegiatan akademis dan non akademis, kegiatan kemahasiswaan, penelitian-penelitian, serta perkuliahan di FTP.

Kegiatan Open House dilaksanakan secara rutin oleh FTP Unika sebagai pengenalan fakultas kepada calon mahasiswa baru dan orangtua mahasiswa. Menariknya, Open House FTP kali ini dilaksanakan secara daring melalui media sosial instagram live @ftpunika setiap pukul 19.00 WIB pada tanggal 2,4, dan 6 Juni dengan beragam topik bahasan. Cara ini dipilih karena instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh anak muda saat ini.

Open house dibuka pada tanggal 2 juni 2020 dengan video sambutan dari para dosen dalam feed instagram @ftpunika, serta video gambaran perkuliahan dan kegiatan praktikum di laboratorium, yang tentunya akan disesuaikan dengan protokol khusus yang telah disiapkan oleh fakultas setelah pandemi Covid-19 ini.

“Sebelum sesi instagram live berlangsung, calon mahasiswa baru bisa menyampaikan pertanyaan pada story box yang disediakan di akun instagram @ftpunika maupun melalui kolom komentar secara langsung. Selain itu, ada pula kesempatan give away dari FTP Unika yang diadakan tiap akhir sesi,” ungkap Mellia Harumi, S.Si, M.Sc selaku koordinator kegiatan Open House FTP, ketika diwawancarai melalui WhatsApp.

Dalam sesi instagram live yang dipandu langsung oleh mahasiswa FTP, Hendra Liem (angkatan 2018) dan Yohanes Alan (angkatan 2019), ada tiga topik yang dibawakan meliputi “Serba-serbi FTP Unika”, “Kegiatan Kemahasiswaan FTP Unika”, serta “Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa Baru”. Dalam serba-serbi FTP Unika bersama Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, STP, MSc (dekan FTP Unika), calon mahasiswa baru berkesempatan untuk tanya jawab seputar kegiatan perkuliahan, praktikum, rumpun penelitian, maupun keunggulan yang dimiliki FTP Unika.

Sementara itu, dalam topik kegiatan kemahasiswaan FTP Unika bersama Tarcisius Risang Pratana (wakil ketua BEM FTP 2019/2020), mahasiswa baru bisa mengetahui kegiatan apa saja yang diselenggarakan di FTP Unika. Dalam topik “Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa Baru” yang akan disampaikan langsung oleh pakar gizi Meiliana, S.Gz, MS yang juga dosen FTP Unika, mahasiswa baru dapat mengetahui apa saja makanan sehat yang diperlukan di usia remaja, serta tips mengolah makanan sehat dengan sederhana.

Kegiatan ini juga dapat diakses melalui kanal Youtube “Pangan Unika” yang akan menampilkan video dari sesi instagram live, sehingga calon mahasiswa yang belum bisa mengikuti tetap bisa menyaksikan melalui tayangan ulang tersebut.

“Melalui Open House ini, diharapkan calon mahasiswa baru bisa semakin mantap dalam memilih jurusan dan kampus, yaitu di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang,” pungkas Mellia.

(B. Agatha)

Kategori: ,