Mengexplore Kandungan Nutrisi Dalam Bahan Makanan Di Indonesia
Jumat, 19 Juni 2020 | 17:35 WIB

Sebuah pencapaian bagi Eleonora dapat menyelesaikan kuliah dalam kurun waktu 3,5 tahun. Elen yang merupakan sapaan dari Eleonora Pradnya Nirmala Citta lulus dengan IPK 3,58 ditambah predikat pujian.

Menempuh studi di prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang merupakan perjuangan hingga akhirnya dapat lulus dan melaksanakan wisuda bulan Maret 2020 ini.

Selama proses penulisan skripsi ini bagi Elen sama halnya dengan kebanyakan orang dalam mengerjakan skripsi, yang membedakan karena skripsi ini adalah me-review jadi lebih banyak berhadapan di depan laptop serta harus mampu membaca jurnal yang banyak baik itu jurnal bahasa Indonesia maupun jurnal internasional.

Lulusan SMA PL St. Yosef Surakarta ini juga menyatakan bahwa dalam proses pengerjaan skripsi ini tidak luput dari beberapa hambatan. Hambatan yang dirasa seperti laptop yang digunakan untuk mengerjakan skripsi mulai error, ada jurnal yang sudah dibaca ternyata belum di-download. Ditambah lagi fisik yang sudah mulai lelah karena terlalu lama di depan laptop.

Segala hambatan yang dirasakan oleh Elen ini dapat terasa ringan karena berkat dari Tuhan dan dukungan dari orang-orang sekitar. “Banyak hal-hal yang nggak terduga, padahal rasanya udah mau nyerah aja, tapi dengan adanya dukungan, jadi masih lanjut dengan sisa-sisa semangat yang ada,” tambah Elen anak dari Bapak Francisco.

Elen memilih judul skripsi “Eksplorasi Senyawa Antioksidan Pada Moluska” Skripsi yang dikerjakan oleh Elen ini sebenarnya ingin menyampaikan bahwa di zaman modern ini bahan makanan terutama di Indonesia, masih banyak belum diexplore kandungan di dalamnya.

Skripsi ini tentang kandungan antioksidan pada moluska, yang dimana dalam pengerjaannya sulit menemukan referensi jurnal dalam Bahasa Indonesia. Tujuannya juga guna mengetahui nutrisi fungsional yang kurang tereksplor di dalam moluska.

Segala pengalaman berkuliah di Unika bagi Elen hal yang sangat seru dan tidak terpikirkan bahwa akan mendapatkan banyak teman dengan latar belakang yang berbeda. Adapun pesan yang ingin disampaikan Elen untuk kita yang masih berjuang demi gelar sarjana. “Jalani saja waktu kuliah semaksimal mungkin dan jangan lupa jalan-jalan biar gak stress mikirin kuliah,” jelas Elen.

Perempuan kelahiran Semarang, 16 Februari 1998 ini berencana setelah lulus dari kampus Ungu tercinta ini akan melanjutkan ke dunia pekerjaan. Adapun keinginan lainnya yaitu keinginan untuk melanjutkan kuliah lagi atau membuka usaha dengan uang sendiri dan hasil dari kerja keras sendiri. “Selama aku menjalani hari-hari ini jadi ya kerjakan apa yang mau dikerjakan dengan usaha dan doa semaksimal mungkin. Apapun hasilnya itu urusan terakhir, kalaupoun tidak sesuai yang diinginkan setidaknya tidak terlalu menyesal karena sudah berusaha maksimal dan bisa dicoba lagi esok hari,” tutup Elen dengan semangat. (lid).

Kategori: ,