FTP Unika Soegijapranata Rayakan Pesta Perak Dies Natalis ke-25
Senin, 8 Juni 2020 | 10:54 WIB

Menyambut Pesta Perak Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata yang jatuh pada hari Jumat (5/6), pada pukul 12.00 WIB diadakan misa syukur dies natalis FTP ke-25 tahun bersama Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr yang disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube dan instagram live.

Pada pukul 14.30 WIB setelahnya, acara Nonton Bareng Ceremonial Pesta Perak FTP diadakan di kanal Youtube Pangan Unika. Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, STP, MSc dalam sambutannya sebagai dekan mengawali ceremonial dies natalis FTP Unika ke-25. “Pada awalnya adalah sebuah visi, sebuah cita-cita. Romo Sastro Pratedjo SJ selaku Rektor Unika Soegijapranata, dilanjutkan oleh Romo Paulus Wiryono SJ di periode berikutnya, memiliki sebuah pandangan tentang betapa vitalnya kebutuhan pangan bagi seluruh umat manusia. Oleh karena itu, Fakultas Teknologi Pertanian didirikan 25 tahun yang lalu. Tujuh dosen mengawali perjalanan FTP, yakni Bu Rika, Bu Rini, Bu Linda, Pak Budi, Pak Sumardi, Bu Nanik, dan Bu Lestari. Dipimpin oleh Pak Budi sebagai dekan, the seven magnificent menjalankan sebuah misi besar menjadikan FTP sebagai salah satu fakultas yang terdepan di Unika Soegijapranata dan unggul di Indonesia”.

“Dua puluh lima tahun bukanlah sebuah perjalanan yang singkat, meski masih bisa dikatakan masih relatif muda untuk ukuran sebuah institusi pendidikan tinggi. Berawal dari 20-an mahasiswa yang bergerak dan belajar bersama, FTP terus berkembang dan saling mengembangkan hingga sekarang bersama 800-an mahasiswa dan 1700-an alumni. Dukungan dari pimpinan universitas, para kolega dari fakultas-fakultas lain di Unika, mitra dari industri pangan, lembaga pemerintahan, LSM, serta para kolega dari berbagai universitas di dalam dan di luar negeri terus menjadi penyunting semangat sivitas akademika FTP Unika. Para dosen, mahasiswa, alumni, dan didukung para laboran, dan staf administrasi yang tidak pernah lelah untuk terus berkembang dan berkarya,” lanjut Dr. Probo.

“Tentu saja masih banyak PR yang harus dikerjakan, banyak tantangan sekaligus peluang yang harus dihadapi. Terlebih pada situasi khusus di tengah pandemi di saat ini, sebuah situasi yang tidak pernah dihadapi FTP sebelumnya. Namun kita tetap yakin untuk mampu mewujudkan cita-cita, mewujudkan mimpi-mimpi kita untuk menjadi fakultas yang unggul di bidang ilmu dan teknologi pangan di Indonesia, di Asia Tenggara, hingga di seluruh dunia dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi tanah air dan kemanusiaan. Semuanya ini tidak lepas dari berkat Allah. 25 tahun perjalanan FTP adalah sebuah berkat penyeleggaraan Ilahi yang mesti kita syukuri,” tambahnya.

“Saya mewakili FTP, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Ibu Bapak, para mahasiswa serta alumni. Penghargaan khusus yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada the seven magnificent, Prof. Dr. Budi Widianarko, Dr. Alberta Rika Pratiwi, Dr. Bernadeta Soedarini, Dr. Lindayani, Dr. Christiana Retnaningsih, kandidat Dr. Sumardi, dan Ibu Lucia Sri Lestari, meskipun Bu Lestari sekarang sudah tidak di FTP, tetapi beliau tetap menjadi bagian dari keluarga FTP. Terima kasih karena perjuangan Ibu Bapak bertujuh menjadikan cikal bakal FTP yang sekarang ini kita rayakan ulang tahunnya ke-25. Selamat ulang tahun FTP, berkah Dalem,” tutup Dr. Probo.

Acara ceremonial dies natalis FTP ke-25 yang dilakukan secara daring ini diikuti secara antusias oleh keluarga besar FTP Unika, para mahasiswa, dosen, dan alumni yang terlihat dalam kolom komentar YouTube. Rangkaian video ucapan selamat dari para dosen, laboran, staf administrasi, mahasiswa, juga alumni serta penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa TP Kustik yang menyuguhkan beberapa lagu turut memeriahkan acara ceremonial dies natalis FTP ke-25 ini.

(B. Agatha)

Kategori: ,