ECONOMICS AND BUSINESS AMBASSADOR (EBA) 2020
Rabu, 24 Juni 2020 | 14:26 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik Soegijapranata dibawah arahan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB, Drs Theo Sudimin, MS pada bulan Mei-Juni 2020 kembali menyelenggarakan acara Economics and Business Ambassador (EBA 2020).

EBA merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memilih mahasiswa bertalenta di FEB Unika Soegijapranata yang bisa berperan sebagai duta besar atau wakil FEB dalam event event penting yang diselenggarakan baik di tingkat universitas maupun diluar universitas.

Pada tahun 2020 tema EBA adalah Humanity of Ecology yang mengajak mahasiswa untuk mengembangkan kemanusiaan yang peduli pada lingkungan.

Menurut ketua panitia  EBA 2020 Aurelia Tasya Verdhiantya (18.G1.0173), EBA tahun ini sangat berkesan karena diselenggarakan pada kondisi pandemi Covid 19 yang tidak memungkinkan proses seleksi dilaksanakan dengan tatap muka dan dihadiri banyak pihak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini dilakukan pengalihan proses seleksi dan final dari semula rencana tatap muka menjadi online dengan fasilitas google meet dan live streaming.

Tahun ini jumlah peserta EBA sebanyak 15 orang mahasiswa dengan rincian masing-masing prodi mengirimkan 5 peserta. Himpunan Mahasiswa masing-masing Program Studi menyiapkan calon-calon wakilnya yaitu mahasiswa dari angkatan 2019/2020.

Tahapan seleksi dimulai dengan masing-masing peserta membuat video diri tentang visi misi menjadi EBA dan dipublikasikan melalui youtube pada tanggal 6 Juni 2020.

Selanjutnya sesi tanya jawab mengenai pengetahuan kampus yang dilakukan dengan google meet pada tanggal 8 Juni 2020. Dilanjutkan dengaan presentasi visi misi para calon menjadi EBA melalui google meet pada tanggal 13 Juni 2020 dengan juri:  Drs Theo Sudimin, MS, Devitia Putri, SE MA.k  dan  Ariel Axel (Runner up 1 EBA 2019). Akumulasi  nilai pada juri akan menentukan top 8 EBA 2020.

Tahapan terakhir EBA 2020 adalah Grand final  pada tanggal 20 Juni 2020 yang diikuti oleh 8 Peserta. Dewan juri pada grand Final adalah Dr Dwi Hayu Agustini, MBA, B.Linggar  Yekti N, PhD dan Rini Hastuti, SE MSi Akt.

Fokus pertanyaan dari dewan juri kepada 8 finalis berkaitan dengan tema EBA yaitu humanisme ekologis dengan menggunakan media google meet,  Semua kegiatan diadakan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai cerminan kemampuan komunikasi finalis dalam bahasa asing.

Berdasarkan proses penjurian dan hasil grand final, terpilih menjadi juara EBA 2020 adalah Verissa Berliana Widuri dari prodi manajemen, Runner up 1 adalah Bernadetta Cinta dari prodi manajemen dan Runner up 2 adalah Riska Delissa dari prodi Akuntansi. Selamat kepada ketiga pemenang, semoga bisa menjadi duta-duta besar yang akan membawa harum nama FEB Unika Soegijapranata.

Kategori: ,