Berbagi Berkat di Tengah pandemi Covid-19
Kamis, 11 Juni 2020 | 8:23 WIB

Para mahasiswa Unika saat membagikan sembako ke masyarakat di tengah pandemi covid-19

Hari Minggu, tanggal 17 Mei 2020, pukul 15.00-18.00 WIB, Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata 2019/2020 telah melaksanakan acara bakti sosial dengan membagikan sembako pada orang-orang yang yang tedampak oleh pandemi Covid-19 dan harus tetap bekerja demi kelangsungan hidupnya. Target dari bakti sosial yang dilakukan meliputi pemulung, tukang parkir, tukang sapu jalan, tukang bersih taman hingga tukang pembersih di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan dari Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2019/2020 dan 9 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Periode 2019/2020, yang mana dapat mewujudkan dan meningkatkan rasa kemanusiaan dan jiwa sosial mahasiswa terhadap sesama.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, BEM Unika Soegijapranata 2019/2020 tetap melaksanakan tugas dan perannya sebagai organisasi mahasiswa di tingkat universitas. Ketua BEM Unika Soegijapranata 2019/2020, Thomas Aquinas Sandy, berinisiatif untuk merangkul 9 BEM Fakultas guna mengadakan bakti sosial yang sasarannya adalah masyarakat di luar Unika Soegijapranata.

Rencana ini mendapat tanggapan yang positif dari BEM Fakultas itu sendiri. Bakti sosial yang dilakukanpun tidak mengatasnamakan BEM Unika Soegijaprnata, melainkan “Mahasiswa Unika”. Penerimaan bantuan berupa uang dimulai pada hari Senin, tanggal 30 Maret 2020 dan ditutup pada Sabtu, 15 Mei 2020.

Kegiatan bakti sosial dipersiapkan sejak hari Sabtu, 16 Mei 2020. Dalam keadaan seperti ini membuat acara bakti sosial yang dilakukan harus membatasi jumlah mahasiswa yang turun tangan langsung untuk ikut membagikan sembako.

Dalam persiapan yang dilakukan seperti membeli sembako dan membungkusnya kedalam kantong plastik harus dilakukan dengan jumlah yang terbatas. Sehingga bakti sosial ini dilaksanakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat dengan dibantu beberapa anggota dari BEM Unika Soegijapranata 2019/2020 dan BEM Fakultas Kedokteran. Total sembako yang dibagikan kurang lebih 100 bungkus, berisi beras, minyak, gula, mie instan, dan susu kental manis.

Bakti sosial dimulai dari daerah Sampangan. Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga sekitar, melihat banyaknya warga yang menghampiri untuk mendapatkan bantuan. Senyum dan ucapan terima kasih yang diterima menandakan bahwa apa yang dilakukan mahasiswa sudah sedikit menolong mereka. Meskipun Semarang sempat diguyur hujan pada hari itu, namun tetap tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk membagikan berkat.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, diharapkan dapat sedikit membantu keadaan ekonomi warga yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa Unika Soegijapranata dalam menumbuhkan rasa kemanusiaan pada kehidupan bermasyarakat dan dalam hal ini menunjukan bahwa mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademis, namun juga aktif dalam kegiatan sosial.

#Mahasiswaunika
#Unikaturuntangan

Kategori: ,