Belajar dari Kesulitan Menjadi Pribadi yang Lebih Kuat
Jumat, 19 Juni 2020 | 17:43 WIB

Rasa syukur yang begitu besar yang dirasakan oleh Edwin sapaan dari Edwin Leonardo karena dapat berkuliah di Unika Soegijapranata. Pengalaman sangat baik dia dapatkan dari mengasah hard skill maupun soft skill dikampus ini.

Dimulai dari melatih kepemimpinan dengan berorganisasi lewat Senat Fakultas, mengikuti unit kegiatan mahasiswa yaitu Soepra Radio. Project dosen pun tidak luput Edwin selalu ikuti contohnya dalam membuat buku bersama seorang teman yaitu Naftalita serta Prof  Ridwan Sanjaya selaku dosen. Buku yang diterbitkan ini berjudul “Mudah Membuat Siaran Telivisi Berbasis Internet dan Peluang Finansialnya”.

Tahun 2020 ini tepatnya di bulan Maret, Edwin akan melangsungkan wisuda guna mengakhiri masa-masa kuliahnya. Lulusan dari SMA Negeri 1 Jepara ini akhirnya dapat lulus dengan predikat pujian dari jurusan Sistem Informasi yang meraih IPK sebesar 3,62. Anak dari Gustono ini menyelesaikan skripsinya yang berjudul “Rancang Bangun Dashboard Informasi E-Posyandu”.

Skripsi ini mulai ia kerjakan saat memasuki semester 6 dan mulai merancang ide untuk memecahkan suatu masalah di lingkungan sosial. Melalui konsultasi yang baik dengan dosen pembimbing akhirnya Edwin diberi kontak salah satu lembaga yang menangani tentang Posyandu.

Perkenalan dengan Ketua Forum Posyandu se-Kota Semarang yaitu Bapak Daniel, bahwa adanya suatu permasalahan pada pendataan posyandu di satu wilayah di kota Semrang yang masih belum terpusatkan ke satu sistem. Hingga dengan permasalahan yang didapat ini Edwin memutuskan menjalankan skripsi tersebut berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan sebelumnya.

Melihat kembali proses penyelesaian skripsi ini, hambatan yang dirasakan oleh Edwin seperti harus menyesuaikan dengan kebutuhan posyandu, konsultasi dengan ketua forum mengenai fitur-fitur yang digunakan dalam aplikasi. Butuh waktu cukup lama hingga 4 bulan bagi Edwin untuk menyelesaikannya. Proses pengerjaan skripsi ini dapat terasa cepat terselesaikan karena dukungan moral dari kedua orang tua tercinta, teman-teman serta dosen pembimbing sehingga project terselesaikan.

Ada yang ingin disampaikan melalui skripsi yang dikerjakan oleh Edwin ini yaitu pendataan yang masih manual ini dibuat menjadi lebih efisien dengan aplikasi E-Posyandu. Pendataan dan proses merekap data dalam 1 kota menjadi lebih mudah serta dapat memonitori sarana prasana setiap daerah.

Selepas berkuliah dari Unika Soegijapranata ini Edwin berencana untuk bekerja dengan bidang yang sesuai dengan jurusannya ini untuk menambah dan melatih skill.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari baik selama berkuliah ataupun menjalani kegiatan lainnya Edwin selalu berpegang pada ”Bisa karena mau mulai aja dulu”. “Bisa disebut motto hidup karena aku merasa bahwa setiap tantangan yang dihadapi selama di perkuliahan sebenarnya adalah proses dimana aku harus belajar dari setiap harinya mulai dari kesalahan dan pengalaman dihari ini hingga keesokan harinya jadi jangan memyia-nyiakan kesempatan yang ada, mulai aja dulu,” kata Edwin pria kelahiran Juli 1997 ini.

Selama berkuliah pun perlu siap mengambil tantangan baik dalam organisasi maupun secara akademis karena dari situ dapat belajar banyak hal dari kesulitan yang dialami.  Hal ini akan membuat pribadi menjadi lebih kuat untuk kedepannya dan berserah kepada Yang Maha Kuasa. (lid).

Kategori: ,