Unika Soegijapranata Pecahkan Rekor Pembacaan Puisi Terbanyak Secara Online
Selasa, 5 Mei 2020 | 18:00 WIB

Ketua umum LEPRID Paulus Pangka berfoto bersama dengan para pejabat universitas (Unika Soegijapranata) usai penyerahan piagam dan piala, rekor pembacaan puisi terbanyak secara online (205 puisi) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020

Hari Pendidikan Nasional yang sering diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 2 Mei, kali ini dirayakan secara berbeda oleh Unika Soegijapranata yang merupakan PTS terbaik se-Jawa Tengah versi Kemenristekdikti 2019.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tahun 2020 ini dirayakan di tengah keprihatinan KLB Pandemi Covid-19, telah memunculkan gagasan yang diinisiasi oleh para dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata dengan menyelenggarakan pagelaran puisi 205 yang dibaca oleh sekitar 105 orang dari berbagai fakultas di Unika mulai dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni, pada hari Selasa (5/5) secara online di Unika Soegijapranata.

Dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan pagelaran puisi 205, karena penyelenggaraan acara yang akan dicatat dalam LEPRID (Lembaga Prestasi Rekor Indonesia-Dunia) ini, mencerminkan kecintaan kita kepada dunia pendidikan, profesi pendidik dan almamater Unika Soegijapranata.

“Perayaan hari Pendidikan Nasional di tahun 2020 ini merupakan momentum yang istimewa dan mungkin akan menjadi cerita kita kepada anak cucu karena berada di tengah-tengah kondisi yang sulit dalam melaksanakan fungsi-fungsi pendidikan di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Namun perayaan ini menjadi terasa mengharukan karena mungkin kita sama-sama baru menyadari bahwa Tuhan telah memberikan kebebasan kepada kita selama ini dalam menuntut dan berbagi ilmu. Dimana kebebasan itu terasa sangat mahal pada kondisi sekarang ini,” ucap Prof Ridwan Sanjaya yang dalam pagelaran puisi 205 ini juga menjadi salah satu pembaca puisi mengawali pagelaran.

Acara Pagelaran Puisi 205 secara online dalam rangka hari Pendidikan Nasional ini  merupakan kegiatan yang patut diapresiasi dan bahkan yang pertama di Indonesia. Untuk itu, saya menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada semua panitia, pembaca puisi, dan Lembaga Prestasi Rekor Indonesia-Dunia (LEKPRID) atas dukungan dan keterlibatannya dalam acara ini, lanjutnya.

Sedang Dr Heny Hartono SS MPd selaku Ketua Penyelenggara Pagelaran Puisi 205 ini, juga mengutarakan latar belakang munculnya gagasan penyelenggaraan pagelaran puisi di tengah KLB pandemi Covid-19 di Unika Soegijapranata.

“Ide ini muncul karena kita sebagai pejuang pendidikan yang ditempatkan di Unika Soegijapranata, ingin merayakan Hari Pendidikan Nasional yang biasanya diisi berbagai macam kegiatan secara offline, namun karena kondisi pandemi covid-19, kita melakukannya secara online,”jelas Dr Heny.

Dan tentu saja ide tersebut berkembang secara kreatif dengan muncul gagasan ingin melakukan pagelaran puisi secara online dimana puisi tersebut kita tulis dan baca sendiri puisinya. Dengan demikian ide tersebut adalah ide yang unik dan kreatif, sambungnya.

Kemudian gagasan ini kita konsultasikan dengan Lembaga Prestasi Rekor Indonesia-Dunia (LEPRID), dan ternyata pagelaran puisi secara online belum pernah ada, sehingga LEPRID ingin mencatatkan kegiatan ini sebagai sebuah prestasi.

Maka Paulus Pangka sebagai Ketua Umum LEPRID telah hadir di acara pagelaran puisi di Unika dan menyatakan bahwa pagelaran puisi yang diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020 secara online  adalah pegelaran puisi terbanyak secara online yaitu sebanyak 205 puisi yang dibaca oleh 105 pembaca puisi dari civitas akademika Unika Soegijapranata, baik Dosen, Tenaga Kependidikan (Tendik), Mahasiswa dan Alumni. (FAS)

Kategori: ,