Unika Siap Gelar Wisuda secara Virtual bila Situasi Belum Memungkinkan
Selasa, 12 Mei 2020 | 11:02 WIB

image

Kemungkinan pelaksanaan wisuda secara virtual tersebut apabila pemerintah mengumumkan belum memungkinkan adanya kerumunan orang dalam jumlah banyak.

Beberapa hari lalu Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menyatakan siap menggelar wisuda untuk para lulusannya pada Sabtu (20/6/2020) mendatang. Keputusan itu tertuang dalam surat pengumuman nomor: 0520/B.9.4/WR.I/III/2020 tentang Konfirmasi Keikutsertaan Wisudawan Periode I tahun 2020.

Pada pengumuman tersebut, calon wisudawan periode I (Maret 2020) lalu bisa mendaftarkan diri pada wisuda periode II (Juni 2020) mulai tanggal 15 April sampai 14 Mei 2020.

Meski siap melaksanakan wisuda, surat yang ditandatangani Wakil Rektor I bidang Akademik itu menyebut perhelatan tersebut masih bisa berubah tergantung situasi dan kondisi terkait pandemi virus korona.

Rektor Unika; Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan perubahan tersebut bisa saja perubahan waktu maupun perubahan teknis wisudanya.

“Kemungkinan wisuda ada [secara] virtual,” ujar Prof Ridwan, saat dihubungi KUASAKATACOM, melalui whatsapp, pada Senin (11/5/2020) siang.

Kemungkinan pelaksanaan wisuda secara virtual tersebut apabila pemerintah mengumumkan belum memungkinkan adanya kerumunan orang dalam jumlah banyak.

Ridwan pun menyebut secara teknologi, Unika sudah siap melaksanakan wisuda secara virtual. Hal itu terlihat dalam wisuda beberapa tahun terakhir ini yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube bagi kerabat yang ingin menonton namun tidak bisa datang ke lokasi. Selain itu, wisuda secara virtual juga merujuk bahwa beberapa bulan terakhir ini Unika telah melaksanakan kuliah secara daring karena dampak pandemi korona.

“[Saat ini kami] hanya perlu memastikan seberapa besar minat wisudawan untuk pindah [secara] virtual,” sambungnya.

Bila wisuda secara virtual benar-benar terlaksana, calon wisudawan yang berminat cukup berada di rumah dengan menggunakan kostum ala wisuda sambil menyaksikan siaran melalui YouTube. Sementara pihak berwenang kampus mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan pejabat lain akan berada di kampus dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penularan korona.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Administrasi Akademik (Ka BAA) Unika; B. Lenny Setyowati mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa mengetahui seberapa besar minat calon wisudawan beralih wisuda secara virtual.

“[Karena] Info [wisuda secara virtual] baru kami unggah pada hari Senin ini,” kata Lenny.

Lenny menuturkan info wisuda secara virtual itu diunggah dalam sistem informasi terpadu Unika (Sintak).

https://kuasakata.com/read/berita/12975-unika-siap-gelar-wisuda-secara-virtual-bila-situasi-belum-memungkinkan

Kategori: