Unika Kuliah Umum Daring, Belajar Tips Praktis Menulis Viral
Kamis, 14 Mei 2020 | 8:33 WIB

image

Menghasilkan sebuah karya tulis yang bisa membuat banyak orang tertarik atau viral, menjadi tema bahasan kuliah umum yang digelar Unika Soegijapranata secara dalam jaringan (daring) di Youtube, Rabu (13/5). Kampus ini menghadirkan Pemimpin Redaksi Suara Merdeka, Gunawan Permadi sebagai narasumber utama kuliah umum itu.

Gunawan Permadi memberikan tips praktis menulis cepat dan viral dalam waktu dua jam di kegiatan yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Unika Soegijapranata ini. Adapun sebagai moderator dalam acara kuliah umum tersebut yakni Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC yang juga Dosen Prodi Sistem Informasi yang mengampu mata kuliah Penulisan Kreatif.

Dalam paparan materinya, Gunawan menyebutkan ada tiga aspek yang harus dipahami dalam membuat sebuah tulisan. Pertama yakni aspek Etika, yang berartidalam menulis seseorang harus memperhatikan atau berkaca pada hati nurani dan karakter. Sebab, menurut Gunawan, apa yang tertulis itu yang terekam oleh pembaca.

”Lalu perlu tips dan trik mencari atau menggali tulisan secara mudah. Kemudian memanfaatkan teknologi yang ada supaya tulisan menjadi viral,” kata Gunawan.

”Berkisah dari statistik adalah merupakan langkah yang lebih mudah untuk mencari ide atau gagasan dalam menulis. Namun diperlukan beberapa hal dalam prosesnya, di antaranya yakni unsur kritis. Salah satu situs yang direkomendasikan yaitu katadata.co.id atau bisa juga menggunakan Google Trends,” lanjutnya.

Sedangkan, imbuh Gunawan, yang terpenting dalam penulisan populer dua hal yang utama. Pertama menjadikan yang penting itu menarik dan menjadikan yang menarik itu penting.

Gunawan juga mengulas tentang penggunaan teknologi supaya tulisan menjadi viral. Satu di antaranya dengan memperhatikan SEO (Search Engine Optimization) Google.

”Algoritma Google juga penting digunakan supaya tulisan kita menjadi viral, baik algoritma  BERT (Bedirectional Encoder Representations from Transformers) untuk tahun 2020, maupun parameter  algoritma EAT (Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness) yang digunakan pada tahun 2019,” ungkap Gunawan.

”Rekonstruksikanlah  imajinasi Anda, dan gabungkan dengan ide atau gagasan Anda. Maka tulisan Anda akan menjadi berkarakter dan menyentuh atau menginspirasi,” tandasnya.

Tercatat di kuliah umum ini diikuti 62 peserta melalui Webinar Cyber Unika dan ditonton 195 pengguna Youtube. Prof Ridwan sangat terkesan dengan apa yang disampaikan Gunawan Permadi dalam kegiatan itu.

Dia juga  berpesan  kepada peserta kuliah umum untuk mulai berani menulis dengan lebih luas dan dalam. Selain itu juga menambahkan data statistik supaya tulisannya supaya lebih berkarakter dan menyentuh. Dia juga meminta para peserta kuliah umum untuk menginspirasi banyak orang melalui tulisan

”Sebenarnya setiap orang pasti bisa menulis dan melalui kuliah umum ini, sesorang jadi mengetahui apa saja yang harus dilakukan supaya tulisan tidak dingin-dingin saja. Melainkan bisa lebih hangat melalui tips dan trik yang disampaikan oleh Bapak Gunawan Permadi,” tandasnya.

SM 14_05_2020 Unika Kuliah Umum Daring, Belajar Tips Praktis

https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/228821-unika-kuliah-umum-daring-belajar-tips-praktis-menulis-viral, Suara Merdeka 14 Mei 2020 hal. 10

Kategori: ,