Perpustakaan Unika Luncurkan Buku E-Learning
Senin, 4 Mei 2020 | 9:05 WIB

Pada tanggal 2 Mei yang lalu, Unika Soegijapranata kembali meluncurkan buku dengan judul “Panduan Moodle untuk Aktivitas E-learning”. Buku yang disusun oleh perpustakaan Unika Soegijapranata ini merupakan kumpulan berbagai panduan yang dibuat selama mengawal pelaksanaan pembelajaran daring di Unika Soegijapranata di masa Covid-19. Meskipun disusun berdasarkan platform e-learning yang digunakan di Unika Soegijapranata, panduan ini juga dapat digunakan untuk kampus lain sejauh sama-sama menggunakan Moodle dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Rikarda Ratih, Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata, menyadari banyak pihak yang membutuhkan panduan pengelolaan e-learning secara maksimal dalam kondisi saat ini. Perangkat lunak Moodle yang digunakan di dalam platform e-learning Unika Soegijapranata telah dipakai sejak tahun 2009 yang kemudian dikembangkan pada tahun 2014 untuk mendukung model pembelajaran hybrid learning.

Dalam upaya optimalisasi penggunaan Moodle untuk aktivitas e-learning, maka sejak tahun 2014, Lembaga Pengkajian & Pengembangan Pendidikan (LPPP), UPT Perpustakaan, dan UPT Manajemen Sistem Informasi (MSI) berkolaborasi mengadakan sosialisasi, pelatihan, pendampingan termasuk membuat manual yang dapat dimanfaatkan oleh dosen menjalankan aktivitas di Moodle.

Ketika wabah Covid-19 mendadak datang pada awal tahun 2020 dan berdampak pada berhentinya aktivitas  pembelajaran tatap muka, maka perpustakaan Unika Soegijapranata terdorong untuk berbagi pengalaman pelaksanaan e-learning yang selama ini telah dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyusun manual-manual yang ada menjadi e-book Panduan Moodle untuk Aktivitas E-learning yang bisa diakses melalui Google Play Book di alamat https://bit.ly/BukuCyberLearning.

E-book ini berisi panduan untuk melakukan model pembelajaran e-learning dengan Moodle, mulai persiapan, aktivitas, pelaporan, evaluasi sampai dengan backup. Panduan penggunaan Moodle untuk aktivitas e-learning memang belum mencakup semua activities dan resources yang disediakan oleh aplikasi Moodle, tetapi semoga bisa bermanfaat bagi dosen dalam melaksanakan pembelajaran e-learning menjadi lebih lancar dan optimal.

Kategori: ,