Operasional Perguruan Tinggi Swasta Mulai Goyah
Senin, 4 Mei 2020 | 8:53 WIB

Kompas 4_5_2020 Operasional Perguruan Tinggi Swasta Mulai Goyah

Pembatasan sosial karena pandemi Covid-19 berdampak terhadap kelangsungan operasional perguruan tinggi swasta. Mereka mengupayakan biaya tambahan untuk menggelar pembelajaran jarak jauh dan membantu para mahasiswa yang terdampak.

Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sayuti, mengatakan, disparitas akses infrastruktur internet menyebabkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) satu kampus dengan lainnya berbeda. PJJ juga menyebabkan pengeluaran mahasiswa membengkak.

Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Ridwan Sanjaya mengatakan, masa pembatasan sosial yang belum jelas kapan berakhirnya ini berpotensi memengaruhi jumlah penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi swasta.

”Tak akan sama dengan tahun lalu. Kami paham, keluarga saat ini fokusnya menghadapi dampak Covid-19. Perguruan tinggi negeri mungkin bisa memundurkan jadwal penerimaan mahasiswa baru, sementara swasta menimbang konsekuensi memundurkan agenda ke operasional kampus,” kata Ridwan.

►Kompas 4 Mei 2020, hal. 5

Kategori: