Dosen FBS Unika Launching Buku tentang Discourse Research
Senin, 18 Mei 2020 | 12:20 WIB

Dari kacamata discourse buku Ini  menawarkan kebaharuan dalam memandang penelitian discourse (sebagai bagian dari kajian kebahasaan) dengan mengajukan pilihan-pilihan pendekatan dalam studi discourse. Selain menguraikan tentang ragam pendekatan yang dapat dipilih, penulis memaparkan masing-masing pendekatan dengan menampilkan contoh-contoh hasil penelitian yang dilakukannya relevan dengan masing-masing pendekatan tersebut, sehingga layak dijadikan referensi atau rujukan terutama bagi para mahasiswa atau akademisi serta siapapun yang memiliki minat dalam meneliti tentang discourse, demikian dijelaskan oleh Anton Suratno MA PhD sebagai penulis buku yang berjudul Discourse Research in The Multitude of Approarches.

Lebih lanjut Anton menjelaskan keinginannya untuk membagikan pengetahuannya tentang discourse ini sudah muncul cukup lama, tapi baru bisa direalisasikan saat ini. Dan buku yang ditulisnya ini merupakan buku yang ketiga sejak beliau berkarya di Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata.

Berangkat dari keinginan untuk membagikan pengetahuan itu, Anton berharap para mahasiswa, atau para dosen dan akademisi lainnya bisa menggunakan metode pendekatan discourse dalam bidang penelitian lainnya.

Buku yang dilaunching pada Senin (18/5) ini sudah ada di google play store ebook dengan alamat link https://play.google.com/store/books/details?id=ol3jDwAAQBAJ

Buku ini juga sangat disarankan bagi para mahasiswa yang ingin meneliti tentang linguistik dari salah satu aspek yang dipilih. Karena pada hakekatnya discourse researches itu luas dan banyak bidangnya, sehingga dengan membaca buku ini setidaknya mahasiswa akan terbantu dalam memetakan penelitian mereka terhadap suatu penelitian linguistik, paparnya.

Bidang discourse juga saling kait mengait dengan bidang linguistik yang lain, dan bisa dikatakan discourse ini sebenarnya adalah seperti payung yang letaknya di atas bagi bidang-bidang yang lain, seperti pragmatik dan sosiolinguistik, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,